Mohon tunggu...
Arina Izatil Hidayah
Arina Izatil Hidayah Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa/Universitas Negeri Semarang

Saya mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN UNNES Mengadakan Sosialisasi Bullying di SDN Ngempon 1

30 November 2022   14:30 Diperbarui: 30 November 2022   14:33 135
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bullying atau perundungan merupakan segala bentuk penindasan atau kekerasan yang dilakukan secara verbal maupun non-verbal dengan sengaja oleh satu orang atau sekelompok orang yang lebih kuat atau berkuasa terhadap orang lain. Karena semakin maraknya kasus bullying yang terjadi di sekolah maka diadakan Sosialisasi guna memberi pengetahuan tentang dampak buruk dari bullying tersebut.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Giat 3 Universitas Negeri Semarang melakukan program Sosialisasi di SDN Ngempon 1 pada Jumat pagi ( 25/11/2022 ) pukul 07.00 WIB sampai dengan selesai.

Kelompok KKN yang beranggotakan 9 orang ini diantaranya Rangga Dino Alfian, Muhammad Agung Dimas Widtono, Laurentina Lintang Victoria, Agita Ainur Rizqiyah, Angelica Aura Leovani, Karina Zuraida Mujtahidah, Arina I'zatil Hidayah, Desyaffini Fajrin, dan Richard Dwiky Reynaldi itu dibawah naungan Dosen Pembimbing lapangan (DPL), Prof. Dr. Wara Dyah Pita Rengga, S.T., M.T.

Ketua kelompok, Rangga Dino Alfian mengatakan, kegiatan sosialisasi yang dilakukan di SDN Ngempon 1, Kelurahan Ngempon, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada murid-murid tentang bullying. "Kami mengangkat tema tersebut dikarenakan banyaknya kasus tentang bullying yang terjadi di kalangan para siswa dan siswi sekolah," ungkapnya. Kelompok KKN yang menyelenggarakan acara tersebut berharap  dengan adanya sosialisasi ini murid-murid paham dengan dampak buruk dari bullying.

Angelica Aura Leovani selaku pemateri tema bullying mengungkapkan bahwa untuk membekali bagaimana cara pencegahan tindakan bullying kepada anak-anak sekolah dasar. "Seringkali terjadi bullying di sekolah oleh karena itu saya memberikan para siswa materi ini untuk menghindari tindakan bullying saat bermain dan bercanda dengan teman-temannya," ujarnya.

Para murid terlihat antusias dalam mengikuti acara tersebut. Di akhir acara Angelica mengadakan sesi tanya jawab, dan bagi murid yang bisa menjawab pertanyaan tersebut memperloleh hadiah dari kelompok KKN.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun