Mohon tunggu...
AyahArifTe
AyahArifTe Mohon Tunggu... Penulis - Penulis, Ayah

Penulis dan mantan wartawan serta seorang ayah yang ingin bermanfaat untuk orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Artikel Utama

Mau Cerdas Lalin? Kerjakan PR Panjang Tatib Lalin Ini

6 November 2022   08:30 Diperbarui: 9 November 2022   04:30 431
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pengendara motor yang berhenti di zebra-cross saat lampu merah. (Foto: Dokumetnasi Pribadi)

Memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) di negeri ini ternyata bukan berbanding lurus dengan ketaatan berlalu-lintas. Rasanya pernyataan saya ini sudah menjadi rahasia umum. 

Meski miris terdengar, tapi itulah faktanya. Suka atau tidak suka, ya c'est la vie di Tanah Air, khususnya di kota-kota besar. Skeptis? Mungkin iya. Pesimis? Hmm ... saya masih berusaha untuk optimis sih, makanya saya buat tulisan ini. 

Saya masih menjaga untuk tetap bersikap optimis terhadap berbagai hal. Termasuk urusan etika berlalu lintas ketika mengarungi aspal dengan motor matic saya. 

Setidaknya saya sendiri berusaha untuk tetap tertib di jalan. Meski, misalnya, saya sering diklaksoni oleh pengendara lain saat berhenti di belakang garis stop di lampu merah. 

Atau berjalan lambat di sisi kiri saat macet. Atau saat saya selalu sendirian yang rajin memberi peringatan kepada pengendara motor yang lampu sen-kanannya masih kedap-kedip padahal ia berada di sisi kiri. Padahal saya tidak memiliki SIM C atau A! 

Yes ... Anda tidak salah baca, saya tidak memiliki SIM C maupun A sudah bertahun-tahun. Saya sudah terlanjur skeptis dalam hal memiliki dua jenis SIM tersebut. 

Saya sudah terlanjur berprinsip; selama tertb berlalu-lintas insha Allah aman. Kedua kartu SIM itu hanya berfungsi saat bertemu razia saja, ternyata. 

Dan saya dengan pasrah menyerahkan STNK saya untuk ditilang tanpa berusaha 'berdamai'. Dan dengan sabar dan pasrah juga saya membayar denda di loket Kejaksaan (bukan pengadilan tatib LL).

Kenapa saya bersikap seperti itu? Karena saya pernah berusaha mengikuti prosedur memiliki kedua SIM tersebut dahulu kala. 

Saya sudah belajar ujian teorinya. Dan berhasil lulus. Tapi ketika ujian praktek saya gagal. Saat itu saya melihat banyak peserta ujian yang gagal juga, tapi ternyata mereka 'diurus' oleh oknum dan mereka dengan mudah mendapatkan SIM. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun