Mohon tunggu...
Ari ElfinTaris
Ari ElfinTaris Mohon Tunggu... Hadir jika ingin menulis

Menuang apa yang ada di kepala

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Tipe Kepemimpinan Ini Membuat Steve Jobs Dipecat dari Perusahaannya Sendiri

7 Juni 2021   16:47 Diperbarui: 7 Juni 2021   17:06 269 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tipe Kepemimpinan Ini Membuat Steve Jobs Dipecat dari Perusahaannya Sendiri
Photo: Steve Jobs Retires As Apple CEO: Tim Cook Has Been Heir-Apparent (ibtimes.com) 

 

Siapa yang tidak kenal dengan pencipta Apple yang satu ini. Ia adalah Steve Jobs yang lahir pada tanggal 24 Februari 1955 di San Francisco, California, US. Banyak yang tidak tahu bahwa Jobs pernah dipecat di perusahaannya sendiri oleh para investor Apple, apa penyebabnya?. Saya akan membahasnya dalam artikel ini.

Sedikit Kisah Pendidikan Steve Jobs

Pada masa SMA Jobs sering mengunjungi perusahaan HP yang berbasis teknologi bersama temannya. Setelah lulus SMA Jobs melanjutkan kuliah di Reed College, saat semasa kuliah tahun pertama Steve di DO dari kampus dengan alasan mengejar karirnya lewat penemuan teknologinya yaitu Apple.

Perjalanan Awal Karir Steve Jobs

Jobs memulai karirnya bersama rekannya Steve Wozniak di garasi rumah keluarga Jobs. Jobs dan Wozniak mengumpulkan modal melalui kerja sama dengan perusahaan yang bergerak dibidang game computer Atari Inc. Sampai modal terkumpul, mereka pun membentuk perusahaan Apple.

Jobs dan Wozniak berhasil membuat computer pertamanya dengan nama Apple I dengan harga yang fantastis sebesar US$ 666.66. Tetapi yang berhasil membawa nama Apple ini melambung adalah Apple II, komputer generasi kedua yang dibuat oleh Jobs dan rekannya.

Saat Apple sudah popular, Jobs membuka usahanya bagi para investor untuk membantunya dalam hal biaya. John Sculley diangkat menjadi investor besar Apple pada saat itu, yang secara tidak langsung menjadi bos bagi Apple saat itu.  

Photo: Inspirational Stories of Success | Born Realist Entertainment
Photo: Inspirational Stories of Success | Born Realist Entertainment

Kepemimpinan Steve Jobs yang Keras

Saat penjualan Apple yang meningkat saat itu, Jobs membuat tim sendiri dalam perusahaan Apple untuk membuat Inovasi computer terbaru dengan nama Macintosh Computer. Kenyataan pahit bahwa penjualan Mac ini tidak sebaik Apple II buatan sebelumnya. Disini hubungan antara Sculley dengan Jobs mulai renggang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN