Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - Lehrerin

Sudah menulis 2.780 artikel berbagai kategori (Fiksiana yang terbanyak) hingga 24-04-2024 dengan 2.172 highlight, 17 headline, dan 106.868 poin. Menulis di Kompasiana sejak 1 Desember 2018. Nomine Best in Fiction 2023. Masuk Kategori Kompasianer Teraktif di Kaleidoskop Kompasiana selama 4 periode: 2019, 2020, 2021, dan 2022. Salah satu tulisan masuk kategori Artikel Pilihan Terfavorit 2023. Salam literasi 💖 Just love writing 💖

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Fiksianer Ini Masuk 20 Besar Peraih K-Rewards Februari. It's Amazing

12 Maret 2022   10:39 Diperbarui: 12 Maret 2022   15:23 755
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Dengan begitu, saya bisa bilang kalau pencapaian K-rewards saya di bulan Februari 2022 lebih dikarenakan tulisan fiksi atau sebutlah saya sebagai fiksianer.

Iya fiksianer ini dapat masuk dalam top 25 besar peraih K-Rewards Februari. Saya berada di urutan ke 20. Artinya menurut Kompasiana tulisan saya masuk kriteria jumlah pembaca/pengunjung (unique views) yang memenuhi syarat K-Rewards.

Saya sangat menyukuri hal ini. Fiksianer masuk lagi dalam jajaran peraih 25 besar K-Rewards. It's amazing. Ini bisa menjadi motivasi untuk penulis fiksi puisi yang lainnya. Jangan malu menayangkan karya puisi Anda di Kompasiana. Saya juga.

Apapun kata orang tentang kita, atau jika kita dibanding-dibandingkan dengan pencapaian Kompasianer lain, biarkan saja. Just simple, keep writing (your poems). Okay?

Saya menulis artikel ini murni untuk memotivasi pembaca dan saya sendiri adalah pembaca pertama tulisan ini. Maka dari itu, tulisan ini juga memberi motivasi untuk diri saya sendiri.

Baiklah, saya sebenarnya sudah pernah menuliskan artikel tentang usaha saya mencari pembaca dengan rajin membagikan karya saya di media sosial. Dulu saya suka membagikan dalam group-group puisi di facebook, sekarang hampir tidak pernah atau jarang sekali.

Namun saya membagikan tulisan saya secara berkala melalui tweeter, line, linkendin, group perpesanan penulis, WA status, dan Facebook status. Intinya saya tidak mendiamkan tulisan puisi saya di Kompasiana saja. Saya membawanya berkeliling ke media sosial saya.

Itu cara saya selama ini dalam menjaring pembaca. Saya hanya melakukannya dengan konsisten sama seperti saya menulis puisi di Kompasiana dengan konsisten. Apalagi perhitungan K-Rewards ada perubahan di awal tahun 2022. Menurut saya ini kesempatan baik. Coba lihat puisi saya di bawah ini.

Dokpri salah satu penggalan puisi di bulan Januari 2022 karya Ari Budiyanti
Dokpri salah satu penggalan puisi di bulan Januari 2022 karya Ari Budiyanti
Saya juga ingat salah satu kompasianer yang pernah menanggapi tulisan saya di Kompasiana dengan feature tanggapi artikel, mbak Yana Haudy, mendoakan agar peraihan K-Rewards saya bisa lebih sepadan dengan konsistensi menulis saya. Doa mbak Yana dikabulkan dengan perhitungan K-Rewards mulai Januari 2022.

Perhatikan perolehan K-Rewards saya pada gambar di bawah ini dan puisi hati saya di bulan Januari tentang K-Rewards dan Karya Puisi yang penggalan puisinya sudah saya cantumkan di atas. 

Dokpri tangkap layar akun Ari Budiyanti di Kompasiana
Dokpri tangkap layar akun Ari Budiyanti di Kompasiana
Ternyata ada perbedaan besar. Desember 2021 saya menulis sejumlah 75 tulisan dan unique views saya hanya 4,1 K kenapa bisa begitu? Karena perhitungan K-Rewards hanya berlaku untuk tulisan pilihan editor dan double rewards topik pilihan. Tentu saja sebagai Kompasianer centang hijau tulisan saya yang tidak dilabel oleh admin, tidak diperhitungkan total UV.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun