Mohon tunggu...
Ari Budiyanti
Ari Budiyanti Mohon Tunggu... Guru - A teacher and Writer

Penulis Buku: 1. Jejak Literasi Ari Budiyanti. 2. Bunga-Bunga Puisi Hati. ~ Someone who likes gardening, reading, writing, teaching, singing, and telling story.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Mengisi Masa Pensiun dengan Berkebun

16 Agustus 2021   22:19 Diperbarui: 7 September 2021   16:20 386 31 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengisi Masa Pensiun dengan Berkebun
Dokpri. Taman depan rumah

Pensiun? Setidaknya masih lebih dari 10 tahun lagi. Iya kalau saya dianugerahi umur panjang oleh Tuhan Yang Maha Esa. Lalu apakah yang akan saya lakukan jika nanti memasuki usia pensiun?

Mungkinkah saya mengikuti jejak Ibunda yang sangat gemar menanam aneka tanaman hias untuk mengisi masa pensiun? Bisa jadi. Saya sudah suka berkebun juga sejak kecil.

Saya sudah terbiasa dikelilingi oleh orang-orang yang suka berkebun di keluarga saya. Ibu juga sekarang sudah mengisi waktunya dengan berkebun. Ibu sangat bahagia dan puas saat melihat koleksi tanamannya yang beraneka. 

Dokpri. Ibu dengan koleksi tanamannya
Dokpri. Ibu dengan koleksi tanamannya

Ibu selalu rindu berkebun. Setiap ada tanaman yang terlihat tumbuh subur akan segera dipisahkan menjadi beberapa pot. Ibu juga sangat menyayangi koleksi tanamannya. Saking sayangnya sampai membuat spot tanaman gantung. 

Jenis tanaman yang suka panas menjadi koleksi tanaman dalam pot gantung seperti wijaya kusuma, beberapa jenis kaktus, dan beberapa anggrek. Indah melihat koleksi tanaman hias milik Ibu.

Dokpri. Tanaman hias dalam pot gantung
Dokpri. Tanaman hias dalam pot gantung
Anda kenal tanaman sansivera atau lidah mertua? Ibu mempunyai banyak sekali koleksi tanaman jenis ini. Sebenarnya bunganya juga cantik. Putih memanjang bak pedang. Selain itu, Ibu juga beri tahu saya kalau sansivera ini banyak manfaatnya. Salah satunya penyerap polutan.

Saya tersenyum senang mendengar penjelasan Ibu. Memang tanaman sansivera mudah sekali tumbuh dan perawatannya tak ribet. Bisa juga ditanam dengan media air saja di dalam ruangan. Pernah coba? 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan