Apakah kamu pernah diminta oleh guru atau dosen untuk membaca literatur, namun setelah itu kamu tidak sepenuhnya memahami isi buku tersebut?Seringkali kita terjebak dalam kebiasaan membaca hanya untuk mengingat isi teks, bukan untuk memahami makna yang ada di dalamnya.Sebenarnya, membaca adalah kegiatan mental yang membutuhkan kesabaran, konsistensi, dan kenikmatan.
Kita dapat membaca banyak buku, namun jika kita tidak memahami maknanya, semua itu akan menjadi sia-sia. Seperti yang dinyatakan oleh Elisabeth Brekke Stangeland, Janine Ann Campbell, Natalia Kucirkova, dan Trude Hoel (2024) dalam penelitian mereka yang berjudul Shared Book Reading: A Norwegian Survey of Reading Practices in Families, aktivitas membaca bersama anak-anak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stimulasi linguistik, perkembangan sosial-emosional, serta keterikatan emosional antara orang tua dan anak.
Penelitian ini menunjukkan bahwa membaca bukan hanya sekadar aktivitas kognitif, tetapi juga merupakan proses afektif dan sosial yang memperkaya wawasan, kosakata, serta kedekatan emosional. Anak-anak yang dibesarkan dengan kebiasaan membaca bersama cenderung memiliki motivasi membaca yang lebih tinggi dan pencapaian akademik yang lebih baik di masa depan (Stangeland et al., 2024).
Pentingnya Strategi dalam Memahami Bacaan
Dalam konteks pendidikan, strategi membaca memainkan peran yang sangat penting. Berdasarkan teori strategi belajar, strategi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk memanfaatkan semua sumber daya yang ada demi mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam aktivitas membaca, strategi merujuk pada cara pembaca memproses teks untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh.
Berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) dalam kurikulum bahasa Indonesia, pemahaman terhadap teks nonfiksi mengharuskan siswa untuk:
1. Menggali pengetahuan baru dari teks nonfiksi.
2. Menyampaikan pengetahuan tersebut dalam tulisan dengan bahasa sendiri.
3. Membandingkan hal yang sudah diketahui dengan hal baru dari bacaan.
4. Mengidentifikasi tokoh dan karakter dalam teks fiksi.