Mohon tunggu...
Ardi
Ardi Mohon Tunggu... Tenaga Kependidikan

Alumnus Mahad Abu Ubaidah Bin Al-Jarrah Medan. Alumnus STAI Bahriyatul Ulum Pandan Tapanuli Tengah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Guru, Ayo Menulis Artikel Pendidikan

1 November 2020   01:12 Diperbarui: 1 November 2020   01:22 276 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Guru, Ayo Menulis Artikel Pendidikan
Ilustrasi gambar: Pexels/ John Mark Smith

Setiap orang bisa menulis. Itu dulu yang harus anda tanamkan dalam diri jika ingin bisa menulis.

Tujuan menulis adalah menyampaikan pesan. Anda seorang guru yang menulis di papan tulis saat sedang mengajar, lantas siswa mengerti dengan apa yang anda tulis. Maka anda adalah seorang penulis. Karena pesan yang anda tulis telah dimengerti oleh pembaca.

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia V, artikel adalah karya tulis lengkap, semisal laporan berita atau esai dalam majalah, surat kabar dan sebagainya.

Anda seorang guru yang ingin menulis artikel pendidikan. Gampang! Anda cukup menuangkan pengetahuan yang anda miliki. Bisa berupa ilmu teori yang anda pelajari selama duduk di bangku perkuliahan, maupun ilmu praktik yang anda dapat selama mengajar.

Mata pelajaran apa pun yang anda emban, anda dapat menuangkannya dalam bentuk artikel. Kemampuan menulis yang dimiliki oleh seorang guru akan menjadi nilai lebih. Dalam sebuah pelatihan peningkatan kompetensi guru, punya karya tulis memiliki poin tersendiri yang menjadi perhitungan panitia.  

Mengapa anda harus menulis? Karena 3 alasan berikut,

Pertama, untuk meningkatkan kualitas diri. Nama anda akan dikenal banyak orang dengan ide-ide kreatif yang anda buat dalam tulisan. Banyak orang menjadi termotivasi dan terinspirasi dengan buah karya anda. Anda bisa menjadi nara sumber dalam sebuah seminar pendidikan jika anda sering menulis artikel pendidikan.

Kedua, karena anda seorang guru. Memilih profesi sebagai guru sudah pasti anda berkecimpung dalam dunia akademis. Buku diktat ataupun modul adalah perangkat yang acap dibuat oleh guru. Membuatnyamembutuhkan keahlian menulis. Dengan sering menulis artikel pendidikan, kemampuan menulis anda akan terasah. Semakin lama kemampuan itu menjadi tajam. Anda bisa menjadi ahli dengan menekuninya.

Ketiga, menamah penghasilan anda. Jika anda telah mahir menulis artikel pendidikan, anda tidak akan ragu lagi untuk menulis buku pendidikan. Apalagi jika buku pelajaran yang anda susun dijadikan buku kurikulum pada tahun ajaran yang akan datang. Wah, pasti penghasilan anda akan bertambah.

Lantas bagaimana proses menulis artikel?

Pertama, tentukan dulu tema atau judul yang akan anda tulis. Ini tergantung pada penulis. Banyak yang nyaman menentukan tema dulu, baru di akhir membuat judulnya. Tapi saya setiap membuat artikel, terlebih dulu menentukan judul.

Bagi saya, judul itu adalah patokan materi yang dijabarkan. Jika bahasan hendak melebar, maka saya kembali melihat judul yang saya buat diawal, agar kembali fokus dan mendalam.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN