Mohon tunggu...
April Hamsa
April Hamsa Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger

Blogger at https://keluargahamsa.com/

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Corona Masih Ada, Yuk Ajari Anak-anak untuk Tetap Saling Jaga

17 Desember 2020   11:41 Diperbarui: 14 Oktober 2021   18:02 237
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Yuk, berikan pemahaman tentang pandemi kepada anak/ilustasi pribadi (keluargahamsa.com)

"Kok anak lain sekolah, adik enggak?" Tanya anak saya yang nomor dua, beberapa waktu lalu.

"Soalnya takut. Masih ada corona," celetuk kakaknya.

"Memangnya anak lain enggak takut corona?" Anak kedua saya mengejar dengan pertanyaan lain.

"Mungkin, mereka belum paham kalau corona itu ada," jelas saya.

Hiks.

Sejujurnya, hal yang paling saya sesali ketika musim wabah datang seperti sekarang ini adalah anak-anak yang kehilangan kesempatan untuk bermain dan bersosialisasi dengan orang lain, khususnya teman-temannya.

Namun, saya tetap keukeuh memilih menjadi orang tua yang lebay demi melindungi buah hatinya. Walau sekolah anak-anak sudah mulai duluan tatap muka, saya tetap tahan anak-anak untuk tidak keluar rumah. Untuk saat ini, bagi saya, pendidikan merupakan prioritas nomor kedua, sedangkan urutan pertama adalah kesehatan.

"Anakmu enggak stress dikurung di rumah terus?" Sering ada yang bertanya demikian, karena mungkin melihat kelebayan saya melindungi anak, sementara anak-anak lain dibiarkan orang tuanya bermain bersama.

"Tentu saya enggak akan membiarkan anak saya stress," jawab saya.

"Bertahan di rumah aja" enggak sesempit itu maknanya. Bukan berarti diam aja, cuma mantengin gadget atau lebih parah lagi, rebahan melulu.

Bagi saya, mengajarkan anak tentang pandemi ini penting, karena kita enggak tahu, apakah di masa mendatang wabah ini akan datang lagi atau bagaimana. Yaaa, walaupun ya enggak berharap begitu juga, sih. Namun, ya buat jaga-jaga aja. Seenggak-enggaknya bila mereka dewasa, mereka akan paham apa yang sebaiknya dilakukan dan tidak dilakukan saat ada pandemi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun