Mohon tunggu...
Anto Suranto
Anto Suranto Mohon Tunggu... Dosen - Praktisi Pendidikan

Penulis adalah Mahasiswa S3 Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Kenalilah Dirimu (Sebuah Renungan untuk Manusia)

19 Mei 2018   11:35 Diperbarui: 19 Mei 2018   11:42 528
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ada kalimat bijak yang menyatakan "barangsiapa mengenali dirinya sendiri, maka dia akan mengenali siapa Tuhannya". Sekilas kalimat tersebut ringan diucapkan, namun di balik itu sarat akan makna yang mendalam. 

Bila kita kaji lebih jauh, dan menanyakan kepada diri kita sendiri "siapakah aku"  tentu kita akan mendapatkan jawaban yang beragam. Ada yang menjawab aku ya aku. Aku bukan kamu, namun apabila kita tanyakan lebih jauh mana aku? Mungkin dia akan menjawab aku ya ini ( sambil menunjukkan badannya) dia tidak sadar bahwa badan dan aku adalah dua objek yang berbeda. 

Kita sering mengatakan "itu sepatuku" dan kita sadar bahwa sepatu itu bukan aku, aku bukan sepatu.  Atau "itu tanganku" kita tahu persis bahwa tangan bukan aku dan aku bukan tangan. Aku dan tangan adalah dua hal yang berbeda. Sampai tiba saatnya kita mengatakan "itu jasadku" aku bukan jasad, dan jasad bukan aku. Lalu siapakah "Aku"?

Ternyata kita belum mengenali siapa diri kita sendiri. Kita masih menganggap bahwa kita adalah jasad, ingatlah bahwa kita bukan jasad. "Aku" adalah ruh yang berasal dari Allah dan akan kembali kepada Allah. 

"Aku" selama ini tinggal dan bersemayam di dalam jasad sehingga kita sering mengganggap bahwa "Aku" adalah jasad. Manusia sering terlalu memikirkan  kebutuhan jasad namun jarang memikirkan kebutuhan "Aku" padahal apabila aku pergi meninggalkan jasad itu, maka jasad itu menjadi tidak ada gunanya, dia akan segera dipendam (dikubur) karena sudah tidak ada gunanya lagi.

Untuk itu marilah wahai manusia kenalilah siapa dirimu? Dari mana asalmu dan kemana berakhirmu? Bagi mereka yang telah berhasil menemukan dirinya sendiri akan mempunyai power yang luar biasa. Semua potensi yang ada dalam dirinya dapat dimaksimalkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun