Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Tips Menyiasati Kenaikan Harga BBM

5 September 2022   12:21 Diperbarui: 6 September 2022   22:13 420 14 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kenaikan harga BBM telah disampaikan secara resmi oleh presiden pada hari sabtu tanggal 03 September 2022, yang harus dilakukan adalah mensiasatinya agar perekonomian keluarga dapat tetap stabil.

Untuk menyiasatinya dapat dilakukan dengan dengan cara yang mampu tentunya, sehingga dampaknya terhadap keluarga tidak signifikan. 

Apa saja yang bisa dilakukan itu? 

1. Menerapkan budaya hemat

Dengan membiasakan budaya hidup hemat, pengeluaran yang besar bisa di minimalisir sehingga penghasilan yang tadinya kemungkinan tidak cukup karena adanya kenaikan BBM dan harga kebutuhan hidup yang naik melambung tinggi.

Kebiasaan hemat bisa dilakukan semisal yang biasanya banyak makan dan jajan diluar rumah diubah dengan memasak sendiri dan mengurangi jajan diluar rumah.

Bagi perokok budaya hemat bisa dilakukan dengan mengurangi pengeluaran untuk pembelian rokok yang biasanya sehari menghabiskan 2 bungkus rokok dapat lebih di perhemat dengan membatasinya menjadi 1 bungkus rokok atau jika mampu berhenti merokok tentunya dapat mengurangi beban pengeluaran untuk biaya sehari-harinya.

2. Mengurangi kegiatan keluar rumah yang biasa menggunakan kendaraan

Aktivitas yang kurang penting keluar rumah dengan menggunakan kendaraan yang menggunakan BBM sebisanya dikurangi, apalagi jikalau kegiatannya tidak penting-penting amat.

Dengan mengurangi aktivitas yang mengeluarkan biaya penggunaan BBM, dapat  menghemat pengeluaran financial tanpa mengurangi aktivitas yang memang penting seperti untuk urusan pekerjaan, bisnis, kemaslahatan orang banyak, menolong orang dan lain sebagainya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan