Mohon tunggu...
Anton 99
Anton 99 Mohon Tunggu... Dosen - Lecturer at the University of Garut

Express yourself, practice writing at will and be creative for the benefit of anyone

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Perhatikan 4 Hal Ini untuk Memulai Bisnis Waralaba

23 September 2021   20:17 Diperbarui: 25 September 2021   13:19 595 23 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perhatikan 4 Hal Ini untuk Memulai Bisnis Waralaba
Ilustrasi minuman kekinian | (dok.Shutterstock/gowithstock via KOMPAS.com)

Usaha bisnis waralaba bermunculan ditengah-tengah masyarakat, seiring dengan geliat semangat yang tumbuh merebak dimasyarakat untuk mengembangkan beragam usaha dan memilikinya. 

Bagi sebagian orang, terutama yang memiliki permodalan cukup, jenis usaha franchise ini bisa menjadi solusi yang tepat dalam pengembangan bisnisnya. 

Ya, bisa jadi bagi orang yang telah berpengalaman dalam menggeluti usaha ini, tentunya ketika harus mengambil pilihan bisnis waralaba tidak akan ada masalah yang berarti karena sudah memiliki gambaran yang kuat dari pengalamannya itu.

Akan tetapi, bagi pemula yang sama sekali belum pernah terjun terhadap bisnis waralaba tentunya berbeda sekali. Kemungkinan harus banyak menimbang-nimbang dengan seksama dalam mengambil keputusan untuk memulai usaha barunya. 

Nah, menurut kami perhatikan 4 hal ini, untuk memulai bisnis waralaba. Sangat penting sekali di pertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk terjun menggeluti usaha bisnis waralaba, diantaranya : 

1. Penyedia bisnis waralaba (franchisor) yang sudah terpercaya

Pilihlah franchisor yang memang sudah teruji kesuksesan dalam mengembangkan usaha bisnis waralaba. Artinya jangan sembarangan menyerahkan modal usaha tanpa melihat kualitas keterpercayaan dari penyedia bisnis waralaba.

Tidak sedikit para pemula yang tergesa-gesa menyerahkan modalnya, akan tetapi usahanya tidak jadi dan modal pun malah hilang tak bertuan, akhirnya hanyalah menuai kerugian saja. 

Maka sangat penting sekali menyerahkan modal usaha untuk bisnis waralaba kepada franchisor yang sudah teruji, kompeten dan terpercaya.

2. Jenis komoditas yang di perjualbelikannya

Melihat jenis komoditas yang akan di bisniskan sangatlah penting sekali, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan pasar, pangsa pasar dan konsumennya. 

Saat ini banyak yang menawarkan jenis usaha bisnis waralaba yang begitu beragam, mulai dari penyedia dari luar negeri maupun dalam negeri. 

Melalui beragam produk yang akan dibisniskan dengan harga dan modal yang bervariatif, maka kita bisa memilih jenis produknya yang menjanjikan keuntungan besar, ketersediaan dan konsistensi dari penyedia bisnis waralaba.

3. Lokasi bisnis yang strategis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan