Mohon tunggu...
Anita Rosmaniar
Anita Rosmaniar Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya seorang guru yang memiliki impian untuk dapat membuat murid-murid merasakan kenyamanan belajar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

11 Juli 2022   22:50 Diperbarui: 11 Juli 2022   23:06 98 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

AKSI NYATA PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

Anita Rosmaniar (CGP Angkatan 4 Kota Bandung)

Nama Program : Kelas Juara untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada murid

1. Peristiwa (Fact)

KEBERSIHAN adalah sebagian dari iman. Berarti menjaga lingkungan agar tetap lestari adalah sebuah kewajiban bagi umat manusia. Salah satunya dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita. Semua orang bisa menjaga kebersihan sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Di lingkungan sekolah, menjaga kebersihan lingkungan sudah menjadi kewajiban bagi semua warga sekolah.

Kelas yang bersih, indah dan nyaman tentu sangat mendukung terlaksananya kegiatan yang nyaman pula, bahkan mungkin bisa pula menyenangkan. Kelas yang bersih, indah dan rapi akan menimbulkan motivasi kuat dalam pelaksanaan pembelajaran. Murid-murid dapat belajar dengan nyaman. 

Berbeda halnya dengan kelas yang kotor dan berantakan. Tentu saja murid-murid akan kurang bersemangat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kesan kumuh akan terpancar dari kelas yang kotor dan berantakan. Hal tersebut tentu membawa pengaruh buruk terhadap kejiwaan murid-murid dan guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran di kelas.

Program kelas juara adalah program yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kepemimpinan murid dalam mengembangkan keterampilan berinteraksi dengan teman sekelas, bergotongroyong, kemandirian dan senantiasa meningkatkan kreatifitas dengan menuangkannya dalam karya, melayani dengan cara berkontribusi untuk lingkungan sekolahnya dengan memulai pekerjaan membersihkan dan menghias ruang kelas, membuat kelas menjadi tempat yang nyaman untuk belajar. 

Program ini merupakan aksi nyata yang rencananya akan dilaksanakan tahun pelajaran 2022 – 2023 di SDN 081 Kebon Gedang Kridawinaya. Namun, sosialisasi dari program ini telah dilaksanakan kepada Kepala Sekolah sebagai pimpinan, rekan sejawat, murid-murid, dan orang tua murid, termasuk di dalamnya komite sekolah.

Berikut ini adalah foto-foto saat dilaksanakan sosialisasi program Kelas Juara di lingkungan SDN 081 Kebon Gedang Kridawinaya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan