Mohon tunggu...
Anistia Nurhakim Suwardi
Anistia Nurhakim Suwardi Mohon Tunggu... Penulis

Hidup adalah perjalanan mengumpulkan bekal amal menuju akhirat. Bergabung kompasiana 26 Maret 2021

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup Pilihan

Tips Mempertahankan Rumah Tangga

2 Juni 2021   21:32 Diperbarui: 3 Juni 2021   11:00 161 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Mempertahankan Rumah Tangga
Married Life | Sumber: Image Canva

Hallo teman-teman Kompasianer, bagi kalian yang sudah memasuki kehidupan berumah tangga, bagaimanakah dengan rumah tangga Anda? selalu bahagia? atau sedang mengalami fase galau?

Dunia maya akhir-akhir ini sedang dihebohkan berita pasangan muda yang bercerai dan saling mengumbar aib pasangan. Sedih rasanya ketika mendengar perpisahan. Perlu kita sadari bahwa setiap pertemuan pasti ada perpisahan, bagaimanapun caranya dan apapun kondisinya perpisahan itu memang ada. Hingga nanti perpisahan sebenarnya adalah kematian yang memutuskan hubungan dengan dunia nyata dan melanjutkan kehidupan akhirat.

Memang dalam berumah tangga itu tidak akan selalu bahagia, karena dua insan yang dipersatukan butuh waktu untuk saling memahami satu sama lain, namun bagaimana sih mempertahankan rumah tangga? terutama bagi kalian nih yang taaruf, atau baru kenal beberapa bulan namun sudah ke jenjang yang serius yaitu pernikahan. Namanya takdir, manusia tak bisa mengelak, karena semua yang terjadi sudah ketentuan Allah Subhanahu Wa Ta'ala

'People Changes', Yes, manusia itu bisa berubah kapanpun. Kita tak pernah tahu kapan seseorang berubah, bahkan orang terdekat kita ataupun pasangan. Kita tak pernah tahu isi hati dan pikirannya. Pemikiran manusia bisa berubah begitupun tingkah laku. Entah itu dipengaruhi lingkungan pertemanan, ilmu yang dia dapatkan atau hal lainnya. Karena manusia itu tumbuh dan berkembang seiring bertambahnya usia.

Masalah dalam rumah tangga akan selalu ada. Kehidupan tanpa ujian bagaikan masakan tanpa bumbu. Yes, Hambar. Adanya ujian justru yang membentuk diri kita semakin dewasa, semakin kuat, semakin tumbuh dan lebih bijak lagi dalam menyikapi hidup. Ah ngomong doang sih gampang, prakteknya susah ngejalaninnya. Ini ada beberapa tips mempertahankan rumah tangga versiku.

1. Luruskan Niat, Ikhlas, Junjung Toleransi

Meluruskan niat itu sangat penting supaya kita tahu tujuan visi misi hidup kita berumah tangga ini tuh apa?

coba pikirkan kembali, ketika banyak masalah menghampiri, sering bertengkar dengan pasangan, sebetulnya apa yang dicari?

Ketika kita sudah tahu niat dan tujuan dalam pernikahan maka rasa ikhlas pun akan hadir, ikhlas bukan berarti pasrah tanpa berusaha maximal, tapi kita pun berusaha untuk menjalani yang terbaik, ikhlas menerima kelebihan dan kekurangan pasangan. Menerima kelebihan sudah pasti semua orang bisa, namun tak banyak orang yang mampu menerima kekurangan orang lain. 

Maka toleransi penting dalam membina rumah tangga. Sadari bahwa diri kita ini punya kekurangan juga, yang bisa saja pasangan kita pun tak menyukainya, namun diri kita terkadang lupa bercermin, seringkali menyalahkan orang lain dan lupa mengoreksi diri sendiri. Coba berdiskusi dengan baik dan cobalah menerima dengan toleransi kekurangan pasangan kita.

2. Menerima Segala Kondisi Pasangan & Mendukungnya untuk Bangkit Bersama

Banyak beberapa kisah rumah tangga, ketika belum menikah sang pria tersebut mapan, namun setelah menikah tiba tiba terpuruk, karena roda kehidupan berputar dengan cepat, lalu bagaimana sikap seorang istri?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN