Mohon tunggu...
Anis Contess
Anis Contess Mohon Tunggu... Guru - Penulis, guru

aniesday18@gmail.com. Perjuangan adalah pelaksanaan kata-kata. Mari tebar cinta dengan kata-kata.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

PMI, Bukan Hanya Pahlawan Devisa tapi Juga Pejuang Rakyat Indonesia

10 Juli 2021   10:06 Diperbarui: 10 Juli 2021   10:24 266 29 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PMI, Bukan Hanya Pahlawan Devisa tapi Juga Pejuang Rakyat Indonesia
PMI sharing discuss Minggu - Kiriman whatsApp Laili Putri, Hongkong. doc.pri


Apa yang ada di benak anda ketika membaca singkatan PMI?


Palang Merah Indonesia? Yups, itu pula yang melintasi benak kala pertama diajukan pada saya 3 abjad itu oleh Laeli Putri, koordinator tim Alpha PMI-KRPI Hongkong Macau Indonesia.

Kenyataan memberi tahu hal lain ketika saya menanyakan arti singkatan PMI dalam hal ini. PMI adalah Pekerja Migrant Indonesia, kata lain dari TKW atau TKI yang selama ini telah populer di masyarakat Indonesia.

PMI Pahlawan Devisa

Menurut Laeli Tim Alpha PMI HONG KONG itu sayap dari KRPI -Konfederasi Rakyat Pekerja Indonesia,  sebuah aliansi komunitas Pekerja migran Indonesia di Hong Kong dan Macau. 2 Negara yang warga Indonesia banyak bekerja di sana. Bahkan Laeli sendiri, hingga kini juga masih di Hong Kong. Menjadi PMI, pahlawan devisa bagi negara kita.

Sempat video call membuat saya mengenal sedikit karakternya. Perempuan tangguh yang rela memikirkan orang banyak demi membantu keluar dari kesulitan. Padahal dia sendiri orang sibuk. Saya ngobrol dengannya sambil tangannya tak henti mengerjakan sesuatu. Multi tasking, beres pekerjaan cakap pula berbincang.

Sebagai PMI, dia ingin kawan seiringnya tak kembali lagi ke negara sasaran sesudah kontrak habis. Mempunyai usaha setidaknya yang bisa menopang hidup ketika pulang ke tanah air.


Laeli Putri - Doc.pri
Laeli Putri - Doc.pri
"Miris saya kalau ada teman, begitu kontrak habis balik lagi perbaharui. Jadi buruh lagi. Padahal harusnya penghasilan yang diperoleh bisa menjadi modal dia menjadi pengusaha di Indonesia," tutur Laeli berapi, gemas dengan kondisi. Itulah sebanya dia bersedia terlibat jauh demi mengentaskan kawan se PMI untuk tak kembali lagi.


"Kalau balik sebagai pengusaha atau wisatawan tak mengapa, tapi jangan pula menjadi buruh lagi," lanjut perempuan lajang yang menyebut diri sebagai jembatan ini.

Berkomunikasi dan terhubung dengan banyak orang dan institusi membuatnya berkesempatan melakukan banyak hal untuk tujuannya itu. Antara lain membuka pangsa pasar seluas-luasnya dengan pelaku UMKM yang ada di Indonesia untuk ekspor ke WNI yang menjadi PMI.

Ini dilakukan sebagai ruang belajar bagi kawannya PMI agar mempunyai visi menjadi pengusaha nanti. Berhubungan dengan pelaku UMKM di tanah air akan menumbuhkan inspirasi dan motivasi pada PMI untuk berbuat, melakukan sesuatu, merintis usaha sejak dini. Bahkan sebelum pulang ke negera asal, Indonesia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN