Mohon tunggu...
Ne Li
Ne Li Mohon Tunggu... Administrasi - Ibu bekerja

ingin belajar menulis

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Habis Kuliah, Mau Ngapain?

20 November 2014   19:01 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:18 433 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Semalam sepupu saya yang hampir menyelesaikan kuliahnya mengirim pesan singkat melalui BBM. Malam itu dia bertanya, “kak, ada saran gak aku harus ngapain sampai wisuda? Aku bingung dan tertekan, takut membayangkan apa yang akan terjadi setelah wisuda nanti?” setelah membaca pesan itu rasa geli menggelitik hati saya, “anak sekarang, visioner sekali”. “ngapain ya? Kamu cari kerja sambilan aja, atau focus nyelesein kuliah, habis wisuda dipikirin nanti aja, jalani dulu aja?” saya menjawab sekenanya karena memang saya tidak punya ide soal itu.

Dia tampaknya tak puas dengan jawaban saya itu, “ya… tapi aku cemas kak..” balasnya.

Sebenarnya saya bukanlah orang yang tepat untuk ia jadikan tempat bertanya akan atau harus ngapain dia saat ini, karena dalam perjalanan kehidupan saya pun melalui banyak hal dan tidak seluruhnya berjalan dengan lancar. Setelah menyelesaikan kuliah saya cukup lama menganggur, hampir satu tahun, yang bisa saya lakukan saat itu hanya berusaha mencari pekerjaan.

Tapi apakah setelah menyelesaikan kuliah semua mahasiswa harus mencari kerja?

Setelah berkerja banyak hal yang terpikirkan oleh saya, apakah memang sehabis kuliah kita harus memikirkan mencari kerja?

Sebenarnya, tak salah dengan pemikiran itu, tapi andai kata saya mampu saya ingin memiliki usaha saja.Usaha yang memiliki prospek berkelanjutan, mampu memperkerjakan orang lain. Sayangnya saya tidak pernah tau saya mampu atau tidak, karena saya tak pernah mencoba, karena dibenak saya saat kuliah sampai selesai hanya memikirkan mencari pekerjaan. Sekarang untuk mencoba hal tersebut malah saya tidak punya waktu karena beban pekerjaan yang mau tidak mau menuntut kita focus untuk itu. Tapi, saya masih berharap masih diberi kesempatan memulai.

Jadi, kalau disuruh memberikan saran, bagi sepupu saya atau orang lain yang saat ini berpikir seperti dia saya ingin bilang cobalah mencari peluang usaha, coba kembangkan kemampuan wirausaha, karena mencari pekerjaan itu tidak menjadi satu-satunya yang harus dipikirkan selesai kuliah. Jika memang diterima bekerja sesuai dengan yang diinginkan adalah suatu hal yang sangat disyukuri, jika tidak menjadi wirausahapun tampaknya juga akan sama menyenangkannya.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan