Mohon tunggu...
a_selaludihati
a_selaludihati Mohon Tunggu... Andy Hermawan

Terlahir dengan nama Andy Hermawan, saat ini berprofesi sebagai edupreneur dan pendongeng.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

BJ Habibie dan CERITA

12 September 2019   01:25 Diperbarui: 12 September 2019   17:04 0 0 0 Mohon Tunggu...
BJ Habibie dan CERITA
Dokumantasi pribadi Duta CERITA

Indonesia kembali berduka. Salah satu putra terbaik yang dimiliki dan dicintai oleh bangsa ini, Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta,  Rabu (11/09/2019). 

BJ Habibie meninggal di usianya yang ke-83. Betapa kagetnya saya, ketika kami (Duta Cerita The Habibie Center) sedang berdiskusi di group whatssapp tentang kondisi Eyang (panggilan kami kepada beliau) yang sempat dikabarkan telah meninggal dunia sebelumnya. 

Ada salah satu teman kami melontarkan ide, mengajak kami semua untuk memanjatkan doa bersama. Ajakan itu dimulai pada pukul 16.27 WIB (rekaman percakapan kami di group). Kami para Duta Cerita yang tergabung dalam group tersebut sepakat melakukan doa bersama untuk beliau pada hari Rabu (11/9/2019)pada pukul 20.00 WIB di tempat kami masing-masing. 

Diskusi kami berlanjut, hingga pada pukul 18.19 WIB, kami masih belum mengetahui adanya berita wafatnya beliau, hingga salah satu dari teman kami mengabarkan bahwa Eyang telah berpulang pada pukul 18.01 WIB. 

Betapa kehilanggannya kami, karena beliau merupakan panutan kami. Menurut saya pribadi, beliau adalah seorang negarawan sejati yang berdedikasi tinggi memajukan teknologi negara ini. 

Bukan hanya itu saja, beliau juga sosok yang peduli dengan keberagaman, slah satu karya beliau adalah menginsiasi lahirnya CERITA (Community Empowerment In Raising Inclusivity and Trust through Technology Application) yang merupakan suatu program yang bertujuan untuk megumpulkan anak muda yang aktif di Indonesia, yang berasal dari beragam latar belakang agama dan budaya.

Untuk memfasilitasi dialog dan berbagi cerita tentang pengalaman antar iman dan antar budaya mereka, melalui proses pembelajaran dan pemahaman pelajaran hidup satu sama lain, diharapkan kita dapat memperkuat Bhinneka Tunggal Ika dan dapat menciptakan konten yang lebih positif. 

Hal ini bertujuan untuk melawan informasi palsu serta pesan-pesan yang dapat memicu ketegangan sosial dan kekerasan atas perbedaan agama dan budaya. CERITA dirancang untuk mendorong kreativitas di kalangan muda, dan karenanya diadakan dengan menggunakan konsep berbagi CERITA. 

Isi atau konten dari cerita ini adalah sebuah harapan bagi Duta CERITA (begitu sebutan ubtuk kami) untuk bercerita dan berbagi pengalaman mereka sesuai perjalanan antar iman dan antar budaya masing-masing. 

Sungguh luarbiasa apa yang dirintis oleh bapak BJ Habibie ini melalui The Habibie Center. The Habibie Center didirikan oleh Bacharuddin Jusuf Habibie dan keluarga, sebagai organisasi independen, non pemerintah dan non profit pada 10 November 1999. 

Visi The Habibie Center adalah memajukan usaha modernisasi dan demokratisasi di Indonesia yang didasarkan pada moralitas dan integritas budaya dan nilai-nilai agama, dan misi yang diemban adalah: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2