Mohon tunggu...
Andri Samudra Siahaan
Andri Samudra Siahaan Mohon Tunggu... Menulis salah satu metode perjuangan.

Petani dan Peternak, Alumni Teknologi Hasil Pertanian andrishn85@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Lima Langkah Sederhana Turut Berperan dalam SSK

30 Juni 2020   22:12 Diperbarui: 30 Juni 2020   22:40 239 18 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lima Langkah Sederhana Turut Berperan dalam SSK
www.kemenkeu.go.id

Sejak kehadiran pandemi covid-19 dinegara Indonesia, Pemerintah telah mengeluarkan energi besar dalam mengatasi penyebaran pandemi covid-19. Upaya pemerinta tidak hanya dalam  mencegah penyebaran pandemi saja, Karena disisi lain pemerintah juga  sedang berjuang dalam menjaga stabilitas sistem keuangan negara.

Pandemi covid 19 ternyata telah menimbulkanberbagai  dampak lanjutan yang cukup fatal bagi perekonomian jutaan rakyat Indonesia. Pemerintah sendiri pun telah berusaha  dengan berbagai cara untuk menolong rakyatnya agar dapat bertahan.

Kemudian bagaimana dengan Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia saat ini ? Belajar dari krisis ekonomi tahun 1998 dan 2008 Pemerintah melalui Bank Indonesia  telah mengeluarkan sebuah kebijakan SSK dalam upaya mengantisipasi krisis ekonomi global. Kebijakan SSK menjadi begitu penting pada situasi saat ini, karena menjadi salah satu benteng perekonomian negara. 


Pada hakekatnya Kebijakan SSK terbagi dua yaitu Makroprudensial dan Mikroprudensial. Untuk dapat memahaminya lebih detail kawan-kawan bisa menonton blogshop kompasiana "Nangkring Webinar Bank Indonesia" yang ada di chanel youtube kompasiana. 

Ada 5 hal sederhana yang dapat kita lakukan sebagai warga  untuk dapat turut menyokong pemerintah dalam mengatasi krisis saat ini.

1. Tetap menjaga Produktifitas

Hal ini menjadi satu hal yang sangat penting saat ini, dalam situasi dimana kita dianjurkan untuk selalu beraktivitas dirumah bukan berarti kita tidak dapat bekerja dan belajar. Saya pribadi lebih memilih untuk menulis dan bertani untuk dapat tetap produktif. 

Saya juga senang mengikuti webinar dan pelatihan yang diselenggarakan secara online. Hal ini penting mengingat situasi saat ini yang tidak hanya  cenderung memenjarakan langkah kita , tetapi turut memenjarakan pikiran kita.Dengan mengikuti webinar dan kursus-kursus online kita dapat memerdekakan pikiran dari keterpurukan dengan mindset positif. 

Langkah dan aktivitas boleh saja terbatas akan  tetapi covid-19 tidak akan pernah mampu membatasi  Pikiran Manusia.

Pemikiran yang merdeka akan menambah kreatifitas kita untuk dapat terus produktif. Akan selalu ada jalan dalam pemikiran yang sehat dan merdeka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN