Mohon tunggu...
Andre Lolong
Andre Lolong Mohon Tunggu... Insinyur - Follow me @dreandreu

Husband of a caring wife, father of two, car enthusiast, motorsport freak, Life learner..

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Road Trip ke Mandalika

18 November 2021   02:40 Diperbarui: 18 November 2021   02:45 214 7 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Negara Indonesia terdiri dari banyak pulau dengan beragam kondisi geografis; pantai-pantai yang indah, pegunungan dengan hawa sejuk dan pemandangan menakjubkan, situs-situs dengan banyak nilai sejarah serta berbagai macam wisata kuliner pemanja lidah. Pariwisata merupakan sektor penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dan Kekayaan alam serta budaya merupakan komponen penting dalam pariwisata di Indonesia.   

Destinasi wisata seperti Candi Borobudur, Danau Toba, Bromo, Labuan Bajo, Raja Ampat, Pulau Bali merupakan tempat-tempat yang menjadi tujuan para wisatawan dari banyak negara di dunia. Sesungguhnya Indonesia mulai dibuka sebagai tujuan wisata sejak jaman penjajahan Belanda di tahun 1911. Area dataran tinggi di Jawa Barat, Yogyakarta dan Surakarta menjadi favorit para pelancong di kala itu. Air Terjun Bantimurung di Sulawesi Selatan bahkan pernah masuk sebagai rekomendasi pada buku panduan wisata Gids van Makassar en Zuid-Celebes pada tahun 1938.

Kini dengan dibukanya Kembali beberapa tempat wisata di Indonesia karena kondisi Kesehatan masyarakat yang lebih stabil. Saya dan keluarga juga sudah merencanakan Road Trip ke Pulau Lombok di bulan Maret 2022 nanti.

Uluwatu, Bali (dokpri)
Uluwatu, Bali (dokpri)

Road Trip to Mandalika

Wisata Indonesia terus berkembang dan punya banyak potensi baru. Salah satu yang kini sedang hangat diperbincangkan adalah Mandalika, yang terletak di bagian Selatan Pulau Lombok, Kabupaten Lombok Tengah di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Menghadap langsung ke Samudera Hindia, dengan variasi perbukitan, pantai pasir putih yang dikelilingi teluk, menjadikan Mandalika sebuah Surga kecil bagi para pencinta pantai, para peselancar, para penyuka wisata alam, photographers dan honeymooners. Maka kesanalah kita akan pergi. Ke Mandalika. Di Indonesia Aja.

Jika mengetik “Mandalika” di search engine Google® maka beberapa top stories dan images yang tampil pertama adalah Mandalika International Street Circuit. Mandalika akan menjadi tuan rumah bagi perhelatan MotoGP® pada pada tanggal 20 Maret 2022!

Semenjak kecil saya suka nonton Balap. Dan nonton MotoGP® memang menjadi salah satu alasan saya merencanakan Road Trip ke Mandalika. Namun tentu saja alasan utamanya adalah untuk berlibur melepas penat, isi ulang batere kami sekeluarga dengan menikmati keindahan Pulau Lombok.

Valentino Rossi beraksi di MotoGP 2016 (michelin.com)
Valentino Rossi beraksi di MotoGP 2016 (michelin.com)

Perjalanan dari kediaman kami di Tangsel hingga Mandalika sepanjang 1,362 km akan kami tempuh dengan santai dan diselingi menginap di Surabaya dan Gianyar, Bali. Perjalanan akan terdiri dari beberapa etape berikut;

  • Etape 1; Tangsel – Surabaya, Panjang 793 km dengan estimasi waktu tempuh 11 jam.
  • Etape 2; Surabaya - Gianyar, Panjang 432 km dengan durasi 10 jam termasuk penyeberangan Ferry Ketapang - Gilimanuk.
  • Etape 3; Gianyar – Mandalika, Panjang hanya 143 km dengan waktu tempuh 5 jam termasuk penyeberangan Ferry Padang Bai – Lembar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan