Mohon tunggu...
FIRITRI
FIRITRI Mohon Tunggu... Penulis, Penulis Mojokerto, Blogger dan Pembawa Acara yang tertarik dalam Human Interest, Budaya serta Lingkungan

Penulis, Penulis Mojokerto, Blogger dan Pembawa Acara yang tertarik dalam Human Interest, Budaya serta Lingkungan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Hantu yang Punah di Mojokerto

14 Januari 2021   19:45 Diperbarui: 14 Januari 2021   19:52 63 4 0 Mohon Tunggu...

Kuntilanak......Pocongan....Hiiiiii ngeriii..Sereeem
Itu mungkin ada di pikiran anak jaman sekarang jika melewati tempat-tempat gelap dan sepi di malam hari.
Saya yakin nggak ada yang takut setan Kober, Kemamang, Blaknet.....

Saya suka dengan buku Hikayat Soerabaia Tempo Doeloe. Pernak pernik Surabaya diceritakan detail dengan jenaka mulai awal mula hingga hantu yang ada di Surabaya..

Nah, saya juga ingin menuliskan juga hantu-hantu yang ada di Mojokerto..sayangnya sudah punah sih....
Naaah, saya malam hari sengaja membawa kamera untuk riset hantu . Riset kok hantu. Lho, ternyata kok nggak serem, malah meriah banyak lampu warna-warni.

jadi..ya namanya penulis, nggak perlu ada gambar kan. Saya menggambarkan melalui cerita. Begini ceritanya......
Hantu, ada yang percaya bahwa itu adalah roh atau arwah yang meninggalkan badan karena kematian. Ada juga yang percaya bahwa itu adalah Jin (mahluk halus dari dimensi lain) karena roh atau arwah jika sudah mengalami kematian, ya sudah...nggak akan ada di dunia lagi,
Saya sih percaya dengan yang kedua. 

Itu adalah Jin. Ada sebuah teori bahwa jika orang mati dalam keadaan tragis, akan mengeluarkan energi yang besar. Energi ini ditangkap oleh Jin untuk menyerupai orang mati tadi. Energi besar itu cukup untuk menyerupai orang yang meninggal tragis tadi hingga ribuan tahun.
Ada juga teori yang mengatakan bahwa hantu munculnya dari pikiran manusia dan pikiran itu dimanfaatkan oleh Jin dalam memanipulasi pikiran manusia. 

Nahhh...kalau yang ini berarti HANTU ADALAH PRODUKSI BUDAYA...Saya Cocok dengan ini!!
Ada pula teori bahwa hantu ada yang jahat dan ada yang baik sehingga dapat membantu dan mengganggu manusia. Naaah....dari itu semua...saya percaya semuanya .

Teruss....saya lanjutkan ceritanya. Duluuuuu. Hantu itu memang ada yang mengganggu dan ada yang membantu manusia.
Mengganggu.....ya paling hebat dengan penampakan. Menampakan diri. Atau mengganggu secara kesehatan, anak rewel dan lainnya.

Membantu?

ada juga. Jaman duluuuu yang namanya tuan tanah, Kyai, Pamong Praja dan bangsawan biasanya mempunyai tanah luas. Untuk itu perlu perawatan.
Merawat itu dengan biaya tinggi seperti menyapu halaman, mengisi "jedhingan" (bak mandi tempo dulu dengan volume air ribuan liter). Mengisi dengan cara menimba dari sumur. kalau orang sih bisa ampun-ampun. Jangan lupa dengan keamanan rumah, hantu juga dipakai membantu keamanan.

Ini yang dilakukan hantu. Hantu ini sengaja dibuat untuk perawatan rumah, halaman bahkan sawah ladang. Jika sore hari halaman kotor banyak daun berserakan, gulma dan lainnya....besok pagi halaman sudah bersiiiiih. padahal tidak yang membersihkan.

Begitu pula bak mandi ukuran raksasa, tahu-tahu...besok penuuh. Lain lagi cerita tentang hantu penjaga rumah. Ada yang agresif dan ada yang tidak agresif. Yang Agresif ya langsung membuat orang yang akan bertindak kejahatan lari ketakutan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN