Lihat ke Halaman Asli

Fakta-Fakta Unik yang Menarik tentang Tari Tor-Tor Batak

Diperbarui: 2 Mei 2024   11:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tari Tor-Tor adalah tarian yang memiliki gerakan seirama dengan iringan musik tradisional seperti gondang, suling, dan terompet batak. Tari Tor-Tor berasal dari daratan sumatra Utara yang berasal dari kebudayaan batak Toba. Tari Tor-Tor ini dianggap sebagai tarian sakral yang hanya di pentaskan pada waktu-waktu tertentu saja. 

Ada 3 fakta unik yang menarik tentang Tor-Tor batak yaitu:

1.pada umumnya tarian memiliki tujuan  sebagai sarana hiburan, akan tetapi Tari Tor-Tor sendiri tidak hanya sebagai media hiburan namun juga dianggap sebagai sarana ritual upacara adat. 

2.tari Tor-Tor merupakan tarian sakral yang mempunyai peran sebagai sarana penyampaian batin kepada roh-roh leluhur ataupun kepada orang-orang yang dihormati. Tor-Tor biasa dilakukan pada waktu-waktu tertentu seperti pada waktu upacara kematian, ritual penyembuhan, ataupun menyambut tamu-tamu penting. 

3.keunikan lain yang di miliki Tari Tor-Tor yaitu terletak pada penarinya yang wajib mengenakan kain ulos khas batak. Pada saat tengah menari pun para penari Tor-Tor memiliki aturan mutlak bahwa penari tidak boleh melewati garis batas kira-kira setinggi bahu. 

Hanya itu yang bisa saya jelaskan tentang fakta unik Tari Tor-Tor. Semoga bisa bermanfaat dan jangan lupa like yah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline