Beberapa siswa di kelas A2 TK Islam Nurul Falah masih mengalami kesulitan dalam hal fokus dan konsentrasi saat mengikuti kegiatan belajar. Selain itu, kemampuan koordinasi motorik halus, literasi, dan numerasi mereka juga perlu terus dikembangkan melalui kegiatan yang menyenangkan dan bermakna. Berdasarkan hal tersebut, saya mencoba menghadiri sebuah media pembelajaran yang berjudul "Petualangan Menelusuri Alam Mencari Harta Karun" sebagai sarana pembelajaran yang menggabungkan unsur eksplorasi, bermain, dan belajar aktif.
Aktivitas
Pada hari yang cerah, siswa-siswi kelas A2 TK Islam Nurul Falah tampak antusias mengikuti kegiatan "Petualangan Menelusuri Alam Mencari Harta Karun". Dengan semangat seperti penjelajah kecil, mereka berkeliling area bermain sambil mencari peti harta karun yang tersembunyi. Peti tersebut berisi berbagai permainan edukatif yang dirancang untuk melatih fokus, ketelitian, serta keterampilan motorik halus anak.
Tantangan dimulai
Di dalam peti harta karun, anak-anak menemukan beberapa tantangan menarik. Tantangan pertama adalah memasang tali sepatu, yang melatih koordinasi tangan dan konsentrasi. Selanjutnya, mereka menyusun duri ikan dari sedotan dan kapas (cotton bud) sesuai warna untuk melatih ketelitian dan kemampuan mencocokkan warna.
Permainan berikutnya, "Bantu Hewan Menemukan Tubuhnya", membuat anak-anak tertawa riang saat mereka memasangkan kepala hewan dengan penjepit kertas ke tubuh yang sesuai. Kegiatan ini membantu mereka mengenali bentuk dan bagian tubuh hewan sekaligus mengasah konsentrasi dan motorik halus.
Dalam tantangan "Menghitung Jari Sayuran", anak-anak belajar berhitung sambil bermain dengan sarung tangan plastik berisi miniatur sayur-sayuran. Setiap jari memiliki warna dan jumlah yang harus dicocokkan dengan warna miniatur sayur-sayuran, membantu anak dalam mengenal angka serta warna secara konkret.
Tak kalah menarik, permainan terakhir yaitu "Kartu Lingkungan Alam Sekitar" berupa flash card dengan gambar alam seperti sawah, kebun, gunung, hutan, dan pantai. Anak-anak menebalkan huruf pada titik-titik kata di bawah gambar, kemudian menceritakan kembali gambar tersebut dengan bahasanya sendiri. Kegiatan ini memperkuat kemampuan literasi, pengenalan lingkungan, serta rasa kepercayaan diri anak dalam berbicara di depan teman-temannya.
Harta karun ditemukan
Setelah menyelesaikan semua tantangan yang ada di peta harta karun, anak-anak pun berhasil menemukan harta karun sesungguhnya, yaitu sebuah peti berisi aneka buah-buahan segar sebagai hadiah. Wajah mereka tampak berseri-seri saat menerima harta karun tersebut, karena mereka telah berusaha dan menyelesaikan setiap tantangan dengan baik.
Apresiasi guru dan antusias anak