Mohon tunggu...
dindanialistyoningsih
dindanialistyoningsih Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa, Pecinta literasi, seni, dan teknologi yang percaya bahwa belajar harus selalu menyenangkan dan penuh makna

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

KARTARA (Kartu Tari Aksi), Inovasi Media Pembelajaran Mahasiswa PGSD UNNES dalam Pembelajaran Seni dan Matematika

8 Oktober 2025   01:27 Diperbarui: 8 Oktober 2025   00:25 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Demonstrasi Media KARTARA

Dalam rangka kegiatan Bakti Akademisi, mahasiswa PGSD Universitas Negeri Semarang (UNNES) melaksanakan program berbagi inovasi pendidikan di SD Negeri Ketanggi, Rembang. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Sabtu, 04 Oktober 2025 dengan memperkenalkan sekaligus menerapkan media pembelajaran, yaitu Kartu Tari Aksi (KARTARA) media pembelajaran interaktif yang menggabungkan unsur seni tari dan matematika. Media ini dirancang untuk membantu siswa sekolah dasar mempelajari gerak tari sederhana dengan cara yang menyenangkan, interaktif, dan terintegrasi dengan mata pelajaran Matematika.

KARTARA merupakan media pembelajaran berbentuk kartu bergambar yang digunakan untuk membantu siswa dalam mempelajari gerak tari sederhana dengan cara yang menyenangkan, interaktif, dan terintegrasi dengan mata pelajaran Matematika. Setiap kartu berisi instruksi gerak tari disertai perintah hitungan penjumlahan atau perkalian sederhana, sehingga siswa dapat belajar seni dan numerasi secara bersamaan.

Penyerahan Media KARTARA Kepada Wali Kelas 2
Penyerahan Media KARTARA Kepada Wali Kelas 2

Kegiatan ini diawali dengan penyerahan resmi media KARTARA kepada pihak sekolah. Mahasiswa UNNES menyerahkan satu set kartu bergambar yang dirancang untuk membantu siswa kelas rendah dan menengah dalam mempelajari gerak tari sederhana secara menyenangkan. 

Pengenalan Media KARTARA Kepada Siswa Kelas 2
Pengenalan Media KARTARA Kepada Siswa Kelas 2

Kemudian dilanjutkan dengan mengenalkan media dan demonstrasi cara bermain KARTARA di kelas. Mahasiswa UNNES dibantu oleh guru kemudian membimbing siswa untuk membaca kartu, menirukan gerakan, menghitung jumlah hitungan gerak, hingga merangkai beberapa kartu menjadi tarian mini. Mahasiswa PGSD UNNES memperlihatkan cara menggunakan kartu bergambar yang berisi instruksi gerak tari beserta kalimat perhitungan matematika sederhana seperti penjumlahan dan perkalian. Misalnya, kartu “Burung Terbang” meminta siswa mengepakkan tangan dua kali lalu menambahkan dua kepakan lagi, sehingga siswa belajar berhitung sambil bergerak.  Siswa terlihat antusias menirukan setiap instruksi sambil tertawa riang. Suasana belajar tampak sangat hidup siswa bersemangat bergerak sambil menghitung, sementara guru memandu irama dan memberikan apresiasi pada setiap individu.

Guru SDN Ketanggi menyampaikan bahwa KARTARA memberikan suasana belajar yang lebih hidup dan memudahkan siswa memahami konsep gerak di tempat dan berpindah tempat. Selain itu, media ini menumbuhkan rasa percaya diri dan kerja sama antar siswa.

Foto Bersama Siswa Kelas 2
Foto Bersama Siswa Kelas 2

Kegiatan Bakti Akademisi UNNES ini menjadi bukti nyata bahwa inovasi sederhana dapat memberi dampak besar bagi dunia pendidikan. Melalui Kartu Tari Aksi, mahasiswa tidak hanya menyumbangkan produk media, tetapi juga menghadirkan metode pembelajaran baru yang mendorong siswa untuk aktif, berpikir kritis, dan mencintai budaya Indonesia sejak dini. KARTARA ini tidak hanya memperkenalkan gerak tari dan nilai budaya, tetapi juga menanamkan semangat belajar yang aktif, kreatif, dan berkarakter bagi generasi muda Indonesia.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun