Lihat ke halaman asli

Mariani

Mahasiswa

TERVERIFIKASI

Mahasiswa komunikasi dan Penyiaran islam

Ebiet G. Ade Musisi Legendaris dengan Karya Inspiratif

Diperbarui: 17 April 2020   13:03

sumber shazam.com

Barangkali di sana ada jawabnya.. 

Mengapa di tanahku terjadi bencana.. 

...

Pagi itu melalui handphone ku, Syair demi syair lagu berjudul "Berita Kepada Kawan" bersenandung indah dengan kata yang tertata, aku sangat menikmati syair milik legendaris tanah air ini, aku terhanyut dalam lagu yang berkisah tentang perjalanan seseorang menuju kampung halamannya, yang diiring rasa sedih dan kecewa, kesedihan seolah memuncak saat ia bertemu gembala yang berduka karena kedua orang tua sudah tiada. Seseorang yang berharap bisa berkisah pada temannya, teman yang merupakan kita semua.

Namun dalam perjalanan itu, temannya tidak berada di sampingnya, hingga akhirnya luapan cerita ia curahkan pada lautan, dan alam sekitar, hingga ia bertanya masalah demi masalah yang terjadi di dunia, apakah karena manusia, ya manusia yang salah, manusia yang bangga dengan dosa-dosa.

lagu yang kemas begitu indah ini, di tujukan untuk manusia agar tidak merusak alam dan juga tidak sombong padahal manusia membuat kerusakan.

Lagu itu membuat ku berfikir akan bencana yang terus terjadi hingga sekarang ini, kondisi alam yang tidak bersahabat, Kerusakan, pertikaian dimana-mana, bahkan wabah virus yang saat ini sedang melanda. Semua bencana itu terjadi karena ulah manusia sendiri, manusia yang terlalu sombong menginginkan kemengan sendiri, manusia yang sering merusak alam, manusia yang tidak peduli hidup sehat, hingga berdampak negatif bagi manusia itu sendiri.

Aku larut oleh bait-bait lagu milik Ebiet G. Ade, penyanyi yang memiliki nama lengkap Abid Ghoffar bin Aboe Dja'far ini memang sangat populer di Indonesia, hingga sekarang, karya-karya nya tidak pernah redup masih dinikmati oleh berbagai generasi-generasi. mulai dari generasi baby boomers, generasi minlenial, hingga generasi Z seperti aku salah satu pecinta lagu-lagu Ebiet G. Ade sejak SMA.

Berbicara tentang Ebiet G. Ade, memang tidak pernah habis dengan lagu-lagu inspirasi yang sangat popuer di tanah air bahkan mendunia.

Pria kelahiran 21 April 1954 asal Banjarnegara ini, mengawali karir menjadi penyanyi berawal dari aktivitas Ebiet G. Ade yang sering berkumpul bersama seniman muda Yogyakarta pada usia 17 tahun. Kemampuan dalam menciptakan syair pun terus berkembang saat bersahabat dengan Emha Ainun Nadjib yang merupakan seorang penyair, selain itu Eko Tunas Cerpenis serta E.H Kartanegara seorang penulis.

Sedangkan kepiawaiannya dalam bermain gitar melalui belajar dari kakanya Ahmad Mukhodam.

Halaman Selanjutnya


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline