Mohon tunggu...
Amirsyah Oke
Amirsyah Oke Mohon Tunggu... Hobi Nulis

Pemerhati Keuangan negara. Artikel saya adalah pemikiran & pendapat pribadi.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Agar Nyaman dan Menikmati Berenang di Laut

17 Februari 2019   09:12 Diperbarui: 17 Februari 2019   09:36 0 2 0 Mohon Tunggu...
Agar Nyaman dan Menikmati Berenang di Laut
Menikmati mengambang di Laut (kedalaman 20m) sekitar Pulau Samalona Makassar Sulawesi Selatan (Dokpri).

Indonesia adalah negara maritim, sebagian besar wilayahnya terdiri dari lautan. Sejak dahulu kala masyarakat Nusantara menganggap lautan bukanlah sebagai kendala ataupun masalah. 

Justru lautan dianggap sebagai berkah yang memberikan penghidupan dan menjadi penghubung antara pulau-pulau di Indonesia bahkan antar benua. Lagu anak-anak berjudul "Nenek Moyangku Seorang Pelaut" menunjukkan betapa bersahabatnya manusia Indonesia dengan laut.

Pun saat ini pemerintah memandang sangat penting sektor kelautan. "Sudah lama negara ini memunggungi lautannya" adalah pernyataan heroik dari Presiden RI Joko Widodo untuk menyadarkan kita semua betapa penting dan berharganya lautan Indonesia. 

Berbagai program dan kebijakan pun digalakkan untuk memajukan sektor kelautan seperti pembangunan dermaga, transportasi Tol Laut, perikanan, perang pada illegal fishing hingga pariwisata kelautan.

Indonesia sangat banyak memiliki pantai yang indah dengan air laut yang jernih dan segar, serta pemandangan bawah laut yang luar biasa menakjubkan. 

Sayang sekali jika justru penduduk Indonesia sendiri kurang bisa menikmatinya hanya karena tidak bisa berenang atau bahkan takut berenang di laut. Untuk itulah sangat penting bagi rakyat Indonesia khususnya para generasi muda agar memiliki keahlian atau keterampilan berenang, apalagi jika bisa menyelam.

Kebanyakan orang-orang yang saya temui kala di pantai atau dekat laut mengakui bahwa dirinya tidak bisa berenang. Ada juga yang bisa berenang tapi tidak pernah atau tidak berani jika berenang di tempat yang dalam dimana kakinya tidak bisa menginjak dasar agar kepalanya selalu di atas air. Hal ini membuat mereka tidak bisa optimal menikmati laut apalagi mengeksplor yang ada di laut baik diatas laut apalagi yang berada di dalam lautan. 

Tak heran jika banyak orang yang tinggal di dekat laut atau dekat objek wisata bawah laut, namun tak leluasa menikmatinya karena tidak bisa berenang dengan baik dan dalam jangka waktu yang lama.

Mengajari anak berenang di tempat dalam (1 meter). Lokasi Pantai Akkarena Makassar Sulsel (Dokpri).
Mengajari anak berenang di tempat dalam (1 meter). Lokasi Pantai Akkarena Makassar Sulsel (Dokpri).
Berdasarkan pengalaman saya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan atau dilatih agar bisa nyaman dan menikmati berenang di laut.

1. Harus bisa berenang dengan baik.
Syarat utamanya tentu harus bisa berenang dengan baik. Belajar berenang bisa dimana saja baik di kolam renang maupun di laut. Tentu dalam tahap awal belajar berenangnya di tempat yang dangkal atau setidaknya kaki bisa menginjak dasar dan kepala di atas air untuk memudahkan bernafas demi keamanan saat belajar berenang.

Yang perlu diingat tahapan dalam belajar berenang adalah pemanasan dan peregangan, latihan pernafasan, menguasai gaya renang. Usahakan bisa menguasai beberapa gaya renang khususnya gaya dada, gaya bebas, dan gaya punggung. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN