Mohon tunggu...
puspalmira
puspalmira Mohon Tunggu... Freelancer - A wild mathematician

Invisible and invincible IG: almirassanti

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Mutar-mutar Seharian di Phnom Penh, Siapa Takut? (Part 1)

9 Agustus 2019   23:36 Diperbarui: 15 Agustus 2019   13:58 754
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Menggembala burung dara di halaman Royal Palace. dokpri

APPETIZER

Untuk liburan tahun 2019 ini saya memilih travelling ke Kamboja. Banyak orang terheran-heran dengan destinasi liburan saya. Ngapain Kamboja? Liburan tuh ya ke Thailand, Singapura, Jepang, Korea.... Ahh.....bagi saya negara-negara itu sudah terlalu populer. Standar.

Saya sengaja memilih tujuan yang lebih 'pelosok'. Lalu mengapa Kamboja? Tahun lalu saya pernah mampir ke Ho hi Minh City, Vietnam, yang tinggal sejengkal lagi menuju perbatasan Kamboja.

Atas dasar rasa penasaran dan excitement saat mengunjungi Ho hi Minh itulah saya jadi tertarik untuk menjelajahi Kamboja juga. Di samping itu, keberadaan seorang kawan asli Kamboja turut mendorong saya untuk berani menjelajahi negara kecil ini.

Jika dihitung-hitung, ini adalah travelling pertama yang saya lakukan dalam rangka murni liburan. (kedua sih, kalau liburan ke Bandung akhir tahun lalu ikut dihitung).

Tanpa embel-embel kuliah, konferensi, maupun olimpiade, saya harus berpikir keras dalam mengatur anggaran karena tidak ada sponsor yang bisa saya mencloki.

Dukungan pertama dari semesta, saya mendapat tiket "Malindo Air" rute Jakarta-Phnom Penh seharga IDR 530.000 termasuk air minum dan bagasi. Hari gini dapet free bagasi itu rejeki sekaliiii.

Secara harga 1 bagasi sendiri bisa nyampe 500 ribu buat 20 kg doang. Dari Surabaya ke Jakarta, lagi-lagi saya dapat rezeki. Saya menumpang bus eksekutif (via tol trans Jawa) "Sinar Harapan" oleh "PT. Sinar Jaya" seharga IDR 158.000 saja.

Harga asli untuk pemesanan online adalah IDR 270.000 sedangkan harga untuk pembelian on the spot adalah IDR 280.000. Kok bisa dapat potongan lebih dari seratus ribu??? Akrab-akrablah dengan "Traveloka", hehehe...

Malindo Air, my favourite budget airline so far...
Malindo Air, my favourite budget airline so far...
Tuh kalo nggak percaya.... dokpri
Tuh kalo nggak percaya.... dokpri
Sekilas panduan untuk mencapai Bandara Soekarno Hatta...

Sebenarnya, angkutan bandara "Damri" sudah tersebar di berbagai titik pemberangkatan. Hanya saja, Damri tidak melayani penumpang selama 24 jam. (Jadwal dan rute bisa dilihat di www.busbandara.com).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun