Mohon tunggu...
Aliya Nabila
Aliya Nabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Money

Strategi Marketing di Masa Pandemi agar Bisnis Kamu Tetap Eksis

11 Maret 2021   10:50 Diperbarui: 11 Maret 2021   11:02 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pandemi   Covid-19   yang  terjadi  secara  global  tentu  saja  berdampak  terhadap  berbagai  sektor  terutama  di  sektor  ekonomi.Dampak  perekonomian  ini  tidak  hanya  di  rasakan  secara domestik,    namun    juga    terjadi    secara    global.   International   Monetary   Fund  (IMF)   yang memproyeksikan   ekonomi   global   akan   tumbuh   minus  di  angka  3%.  Di  Indonesia,  Hal  ini tentunya     juga     memiliki     dampak    yang    cukup    signifikan    terhadap    pariwisata,    sektor perdagangan,  industri  termasuk  Pelaku  Usaha  Mikro,  Kecil  dan  Menengah  (UMKM).  Dampak   dari   covid-19   secara   langsung   sudah   terlihat dari   PHK   besar-besaran   dibeberapa   perusahaan,   terjadi   penutupan   beberapa   usaha   yang berdampak  kepada dirumahkannya  karyawan.

Data   dari   kementrian   koperasi  dan  Usaha  kecil  Menengah  (UKM)  menunjukkan  pada tahun   2018   terdapat   64.194.057   UMKM   yang   ada   di   Indonesia   dan   mempekerjakan 116.978.631  tenaga  kerja.  Indonesia  didominasi  oleh  UMKM  yang  menjadi  tulang punggung perekonomian    nasional    juga    terdampak    serius   bukan   hanya   pada   aspek  produksi   dan pendapatan    mereka    saja,    namun    juga    pda    jumlah    tenaga    kerja   yang   harus   dikurangi dikarenakan     pandemi     ini. UMKM     kurang     memiliki     ketahanan     dan fleksibilitas    dalam    menghadapi    Pandemi    ini    dikarenakan    beberapa   hal    seperti    tingkat digitalisasi    yang    masih    rendah,    kesulitan    dalam    mengakses    teknologi    dan    kurangnya pemahaman    tentang   strategi   bertahan   dalam   bisnis.

Terkait  Pandemi  covid-19,  dikeluarkanlah PP  Nomor  21  tahun  2020  tentang  Pembatasan Sosial    Berskala    Besar    dengan    maksud    membatasi    pergerakan    orang    dan    barangdan mengharuskan  masyarakat  jika  tidak  ada  keperluan  mendesak  diharapkan    untuk  berdiam  diri dirumah.  Hal  ini  juga  berdampak  terhadap  terbatasnya  operasional  UMKM  dan  berkurangnya konsumen  yang  berbelanja  secara  langsung  dibandingkan  hari  biasa.Dengan  ini,  Pelaku  Usaha dapat   menyesuaikan   diri   dengan   membuka   toko online/   berjualan   melalui e-commerce.

Selain   melakukan   perdagangan e-commerce Pelaku  UMKM  juga  dituntut  untuk dapat mengkomunikasikan produk secara intensif dengan melakukan pemasaran produk menggunakan digital   marketingdan   memanfaatkan   media   sosial   untuk   dapat  menjangkau konsumennya    secara    langsung    dan    dapatmenekan    biaya    promosi.Digital    marketing merupakan   pemasaran   yang   dilakukan   dengan   menggunakan   akses   internet,  memanfaatkan social  media  maupun  perangkat  digital  lainnya.Digital  Marketing membantu  perusahaan  atau pelaku  usaha  dalam  mepromosikan  dan  memasarkan  produk  dan  jasa  mereka  dan  mampu memperluas  pasar  baru  yang  sebelumnya  tertutup  atau  terbatas  karena  adanya  keterbatasan waktu,   jarak   dan   cara   berkomunikasi.

Di  Era  revolusi  industri  4.0  para  pelaku  usaha  seharusnya  memang  sudah  bergerak  ke

perdagangan   secara e-commercekarena  pola  pedagangan  dan  pembelanjaan  dr  konsumen yang   sudah   mulai   bergeser,   ditambah   lagi   adanya   pandemik   covid-19   yang   menjadikan perdagangan e-commerce sudah  menjadi  pilihan  yang  baik  untuk  para  pelaku  UMKM  untuk bisa  tetap bertahan  bahkan  berpotensi  untuk  dapat menjangkau  pangsa  pasar baru.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun