Mohon tunggu...
m ali
m ali Mohon Tunggu... mahasiswa medan

belajar belajar dan belajar

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Pentingnya Perencanaan Keuangan Syariah

10 Agustus 2020   18:37 Diperbarui: 10 Agustus 2020   18:43 132 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pentingnya Perencanaan Keuangan Syariah
unnamed-5f31312bd541df32fb598152.jpg

Akhir akhir ini dunia dihebohkan oleh sebuah wabah yang dijuluki covid -- 19 . Wabah ini sangat berdampak bagi seluruh lapisan masyarakat, baik itu sektor pendidikan maupun ekonomi

Untuk mencegah penyebaran wabah ini banyak perusahaan yang menghentikan sementara kegiatan produksi perusahaanya. Hal ini menyebabkan banyak dari para pekerja yang dirumahkan sehingga sangat berdampak terhadap ekonomi keluarga. 

Untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi, sebuah keluarga harus mempunyai perencanaan keuangan yang baik agar ketika hal seperti ini berlangsung lama kita masih dapat bertahan hidup seperti biasanya. Untuk itulah sebuah konsep perencanaan keuangan harus dimiliki oleh sebuah keluarga.

Apa sih perencannan keuangan itu?

Perencanan keuangan adalah sebuah sebuah strategi manajemen keuangan untuk menjaga kestabilan keuangan atas kebutuhan jangka pendek , kebutuha jangka panjang maupun terhadap hal -- hal yang tak terduga.

Membicarakan tentang perencanaan keuangan itu bukan hanya ngomong soal menabung saja namun juga bicara bagaimana cara mengelola uang baik itu kemana aja uang yang kita belanjakan maupun untuk apa saja uang yang kita habiskan.

Dibawah ini saya akan sharing berbagai tips bagaimana cara membuat sebuah perencanaan keuangan yang baik.

1. Membuat Anggaran dan mencatat seluruh cashflow
Dalam membuat anggaran mulailah dari kebutuhan seperti biaya makan bulanan, biaya transportasi, biaya kredit dan biaya sewa rumah dan biaya lainnya . Kemudian kita bisa membuat anggaran keinginan kita seperti holiday dan travelling. Semua harus dicatat dengan rapi dan jelas, sehingga semuanya jelas. Jadi, tidak ada uang yang kelua r dengan sia-sia.

Membuat anggaran akan membantu kita untuk lebih berhemat karna uang yang kamu pakai akan lebih kamu prioritaskan demi anggaran itu. Dan ketika kamu mencatat seluruh arus kas ( cashflow ) itu juga akan membantumu dari membelanjakan uang dengan sia sia.

Tapi ingat ya harus juga dievaluasi minimal sepekan sekali.

2. Belajar menabung
Menabung bukanlah sesuatu yang baru bagi kita . Kegiatan ini sudah sangat familiar ditelinga kita, sejak kecil kita sudah diajarkan untuk berhemat dan menabung. Tapi percayalah kegiatan ini bukanlah hal yang mudah apalagi membuatnya menjadi konsisten. Maka dari itu tips dari penulis adalah jangan tabung apa yang tersisa melainkan tabunglah dulu seperlunya dan belanjakan sisanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN