Mohon tunggu...
Alif AlfarisiRamadhan
Alif AlfarisiRamadhan Mohon Tunggu... Mahasiwa Gunadarma

NPM: 10818524

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Keuntungan mengikuti organisasi mahasiswa, langsung dari anggota BEM FKIP UNIS

9 November 2020   01:30 Diperbarui: 9 November 2020   01:39 72 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Keuntungan mengikuti organisasi mahasiswa, langsung dari anggota BEM FKIP UNIS
Sambutan FKIP Ig: fajarnurj oleh: Alif Alfarisi & Muhammad Elyas

Sesi wawancara Fajar Nur Julianto oleh Alif & Elyas
Sesi wawancara Fajar Nur Julianto oleh Alif & Elyas
Sebelum menduduki bangku universitas, Fajar Nur Julianto bukanlah siswa yang aktif di sekolahnya. Fajar hanyalah siswa yang menjalani masa sekolahnya tanpa mengikuti organisasi atau ekskul. Fajar mengakui bahwa masa - masa sekolahnya sangatlah monoton. Berangkat pagi ke sekolah lalu segera pulang ke rumah saat bel pulang berbunyi. Fajar mengakui bahwa masa sekolahnya ia menjadi siswa anti berdiskusi. Hal monoton itu Fajar lakukan dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas. Bahkan di perumahannya pun Fajar tidak sama sekali mengikuti organisasi - organisasi para remaja di area perumahannya.

Fajar Nur Julianto mengakui bahwa ia mulai aktif berorganisasi saat kuliah. Namun, hari pertama kuliah ia belum ada terlintas untuk mengikuti sebuah organisasi pun. Fajar masih menjadi mahasiswa monoton selama kurang lebih 3 bulan. Setelah menyadari bahwa kuliahnya sangat lah monoton, Fajar pun mulai memberanikan diri untuk bergabung BEM FKIP di kampusnya, Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang. Setelah mencoba mengajukan diri, akhirnya Fajar pun diterima dengan hangat sebagai anggota BEM FKIP UNIS.

Di bulan pertama keanggotaannya, Fajar masih merasa kurang mengerti akan pemahamannya dengan tujuan organisasi yang baru di naunginya ini. Seiring berjalannya waktu, Fajar pun mulai mengerti akan tujuan BEM FKIP UNIS dan fajar juga mulai menyadari bahwa ia banyak mendapatkan wawasan setelah bergabung organisasi tersebut.

Bukan hanya wawasan yang Fajar dapat. Menurutnya ia juga mendapat koneksi dan relasi yang baik di dalam organisasinya itu. Bersama BEM FKIP UNIS Fajar membentuk berbagai macam event yang juga menguntungkan bagi masyarakat sekitar, contohnya Seminar, Bakti Sosial, dan FKIP Pengajar. Respon yang diterima oleh mahasiswa lain dan juga masyarakat cenderung positif. Banyak mahasiswa dan masyarakat yang teredukasi setelah mengikuti event BEM FKIP UNIS tersebut. Alhasil Fajar pun merasa bangga akan organisasinya itu.

Orang tua Fajar juga sangat mendukung akan aktivitas yang dilakukan oleh Fajar. Fajar pun juga senang karena ia juga mendapatkan koneksi dan relasi yang bagus. Fajar yakin, dengan adanya koneksi dan relasi yang bagus akan sangat membantu masa depannya di jenjang karir. Fajar juga menyarankan agar para siswa dan mahasiswa untuk menjadi lebih aktif lagi dipendidikannya, "selagi masih muda ya kan, kita harus aktif supaya mendapatkan banyak teman dan wawasan" ungkap Fajar. Fajar juga mengaku menyesal ia pernah menjadi siswa sekolah monoton tanpa organisasi.

Tidak sampai disitu, Fajar mengaku akan ikut bergabung di organisasi lain kelak. "Nambah organisasi berarti nambah wawasan kan, Saya akan bergabung ke organisasi lain sih" ungkap Fajar. Fajar mengakui bahwa rasa kepedulian sesamanya turut tumbuh setelah mengikuti organisasi. Fajar juga berharap agar para mahasiswa lain yang kurang peduli akan keadaan sekitarnya untuk membuka hatinya. Fajar juga yakin bahwa Indonesia ini akan jauh lebih maju jika para pemudanya peduli akan sesama. "Saya rasa sih ini bisa dimulai dari bergabung ke organisasi, ini adalah langkah kecil yang bisa menempuh jarak yang jauh" ungkap Fajar.

Kedepannya Fajar akan terus membenahi dirinya dalam segala hal. "selain sibuk di organisasi kuliah juga jangan sampai lupa, dari sini juga saya menjadi lebih pandai dalam mengatur waktu" ungkap Fajar sebagai penutup wawancara. Menurutnya sangat lah banyak manfaat yang di dapat dari mengikuti organisasi.

VIDEO PILIHAN