Mohon tunggu...
Nabilah Salsabila
Nabilah Salsabila Mohon Tunggu... ALIBANISME
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

vita est certamen circa ac sinceritate

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Korelasi antara Worldview Islam dan Hubungan Internasional

18 Oktober 2019   11:43 Diperbarui: 18 Oktober 2019   12:30 124 2 0 Mohon Tunggu...

Konsep pemikiran islam selalu berbenturan dengan konsep pemikiran barat dengan sejumlah keterbatasannya. Salah satu tantangan sekularisasi dari dunia modern, menjadi tantangan tersendiri bagi umat muslim. 

Penegasan iman-islam tidak dapat dihindari terkait dengan adanya perlawanan dengan merangkul identitas alternatif yang berdasarkan agama, iman dan moralitas.

Sehingga, islam memiliki framework tersendiri dalam menyikapi dunia dan memberikan jalan alternatif. Dengan mengingat tugas utama manusia dan sebagai jawaban atas pertanyaan yang tidak akan ada habisnya, mengapa ia diciptakan, siapa penciptanya, dan untuk apa ia hidup. 

Dengan melihat 3 pertanyaan tersebut, islam memberikan jawaban atas ketiga pertanyaan manusia yang seringkali tidak dapat menemukan jawabannya.

Dengan adanya konsep Ketuhanan, dimaksudkan agar manusia tidak mentuhankan akal dan pikirannya. Sebagai sumber yang paling benar dari segala sumber, Tuhanlah yang memberikan itu semua dan sebagai kunci dari worldview islam lainnya. Sehingga manusia dapat menjawab pertanyaan mengenai siapa penciptanya, yaitu Allah swt . 

Selain itu, ditambah dengan adanya konsep agama dalam islam, untuk meluruskan etika dan moral manusia di dunia, dan sebagai pemberi jawaban atas mengapa manusia diciptakan, tak lain adalah untuk beribadah kepada Tuhannya, Allah.

Intruksi-intruksi keagamaan, datang melalui wahyu, yang termodifikasi dalam bentuk Al-Qur'an. Sehingga segala perbuatan manusia haruslah sesuai dengan Al-Qur'an. inilah yang disebut dengan konsep wahyu. Sehingga manusia harus berpedoman teguh pada Al-Qur'an sebagai landasan kehidupannya.

Perbedaan fundamental antara Islam dan Barat adalah islam  meyakini adanya kehidupan setelah kematian, sedangkan non-islam kematian adalah akhir dari segalanya. Dan ini berhubungan dengan konsep hari akhir atau yang dikenal taskhir. 

Merupakan suatu fenomena alam terdasyat, terdiri dari 3 tahap, yaitu hancurnya binitang dan planet, meletusnya gunung dan terjadinya gempa dan kebangkitan kembali. 

Konsep ini berhubungan dengan konsep kebebasan manusia (Qada' dan Qadar) dimana kebebasan manusia membentuk pandangan hidup yang menentukan pola pikir, sikap dan perilaku yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari. 

Sehingga, hubungan antar individu, antar negara tetap berlandaskan asas kebebasan yang terbatas oleh kebebasan individu lainnya ataupun negara lain. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x