Mohon tunggu...
Al Fira
Al Fira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi, Universitas Mercu Buana

NIM : 43221010107 - Dosen Pengampu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak - S1 Akuntansi - Universitas Mercu Buana

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

TB 1 - Sikap Disiplin sebagai Mahasiswa

25 September 2022   22:40 Diperbarui: 1 Oktober 2022   23:28 230 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nama Dosen Pengampu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak

Nim : 43221010107

Nama : Al Fira

Universitas Mercu Buana

TB 1 - Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi Dan Etik UMB 

Sub CPMK 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kepemimpinan, disiplin dan manajemen waktu

Sumber Gambar : Website

Apa itu Disiplin?

Disiplin berasal dari bahasa latin discere yang berarti belajar. Dari kata inilah muncul kata disiplin yang berarti pendidikan atau didikan. Disiplin erat kaitannya dengan aturan. Ketika bersosialisasi dan berinteraksi dalam suatu komunitas, aturan menjadi suatu ikatan yang dijalin bersama dengan saling menghormati dan menaati semua aturan yang ada. Dan kini kata disiplin telah berubah arti menjadi beberapa arti. Pertama, disiplin didefinisikan dengan mengikuti aturan (hukum) atau tunduk pada inspeksi dan kontrol. Kedua bidang tersebut adalah latihan yang ditujukan untuk mengembangkan perilaku yang benar. Disiplin juga merupakan bentuk ketaatan dan bertindak sesuai dengan nilai dan aturan yang seharusnya menjadi tanggung jawabnya. Ada pula yang mengatakan bahwa pengertian disiplin adalah watak atau kemampuan seseorang untuk mengendalikan dirinya dan mematuhi aturan atau nilai yang telah disepakati. 

Dalam hal ini disiplin erat kaitannya dengan norma, tata cara, aturan, dan lain-lain yang ada dalam masyarakat. Disiplin memiliki dua arti: positif dan negatif. Kepositifan identik dengan pendidikan dan konseling yang menekankan pada pengembangan batin berupa disiplin diri dan pengendalian diri. Disiplin positif mengarah pada motivasi diri. Sementara negativitas adalah negasi, ini mengacu pada pengendalian diri sendiri dengan kekuatan orang lain, biasanya melalui paksaan, dengan cara yang tidak menyenangkan, atau melalui ketakutan akan hukuman (hukuman). 

Disiplin membantu orang memahami kebutuhan untuk mengikuti aturan dan menghormati orang lain agar memiliki hubungan yang baik dan lancar dengan orang lain. Karena Anda tahu tanggung jawab Anda dan Anda dapat mengandalkannya. Ini memberi kita kesempatan untuk berkembang dan berkembang.  Hidup dapat ditingkatkan dengan disiplin. Hidup teratur dan tidak sembrono adalah salah satu hubungan disiplin yang akan membantu Anda menyadari bahwa dunia ini bukan hanya tentang Anda dan keegoisan Anda. Tetapi Anda memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin Anda lakukan dan apa tujuan hidup Anda. Kehidupan yang disiplin menghindari kebingungan tentang apa yang harus dilakukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan