Mohon tunggu...
Alfida Husna
Alfida Husna Mohon Tunggu... Blogger

Penulis yang menemukan ruang berpikir dan bertumbuh lewat tulisan. Menulis bukan sekadar hobi, melainkan cara aku merangkai makna dari keseharian, menjadikannya ide dan cerita yang bisa dibagi. Aku juga membagikan cerita di Instagram @alfidahusna & @ceritambun.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Tenang Mengelola Sakhaja Kopi Karena Ada Layanan Telkom Indibiz Care

19 Agustus 2025   11:06 Diperbarui: 19 Agustus 2025   11:06 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Owner Sakhaja Kopi. Suami sebelah kanan, sebelah kiri rekan suami (Sumber: Dok. Pribadi)

Masih terbilang baru, suami dan temannya menjalankan bisnis cafe bersama. Awal tahun 2025 jadi momentum awal berdirinya Sakhaja Kopi yang kami dirikan di Karawang, tepatnya di daerah Warung Bambu. 

Baru berjalan beberapa bulan, Sakhaja Kopi sudah banyak pelanggan yang selalu rutin berkunjung. Selain individu, banyak juga komunitas diskusi yang dilakukan mahasiswa, pekerja kantoran, bahkan nonton bareng jika sedang ada liga yang bertanding. 

Ini hasil yang mengagumkan dan prestasi bagi kami mengingat kami baru berjalan belum satu tahun. Tak lepas dari usaha tim kami yang mencoba untuk bisa menjadikan Sakhaja Kopi adalah tempat yang nyaman bagi pecinta kopi untuk berdiskusi atau sekedar santai saja. 

Tentunya kami sangat senang jika coffee shop kami selalu ramai dikunjungi. Ini berarti Sakhaja Kopi menjadi tempat yang disukai pelanggan. Karena kami juga bukan hanya menyediakan kopi, tapi juga menu yang rasanya lezat. Jadi, selain ngopi juga bisa memilih menu yang mengenyangkan. 

Dari perjalanan membuka usaha cafe inilah, kami jadi belajar apa saja yang harus ditingkatkan dan dibenahi agar kami bisa fokus mengembangkan Sakhaja Kopi. Hal-hal yang mungkin dianggap sepele bagi kebanyakan owner, tapi buat kami semua hal tak luput kami evaluasi termasuk koneksi internet yang menunjang kelancaran aktivitas di Sakhaja Kopi. 

Ngopi Tenang, Bisnis Lancar

Banyaknya pelanggan dan aktivitas pembayaran kami yang juga menggunakan internet, kami berusaha menyediakan koneksi internet yang cepat dan stabil. Kami ingin pelanggan bisa menikmati kopi sambil bisa menggunakan internet yang sudah menjadi kebutuhan di era teknologi ini. 

Tapi, kenyataan di lapangan kadang berbeda dari ekspektasi kami. Pernah suatu sore di akhir pekan, saat kafe sedang penuh oleh beberapa pelanggan. Ada yang meeting, berdiskusi, namun tiba-tiba koneksi internet melambat. 

Pelanggan Sakhaja Kopi (Dok. Sakhaja Kopi)
Pelanggan Sakhaja Kopi (Dok. Sakhaja Kopi)

Beberapa pelanggan terlihat sibuk di depan layar laptop, saling bersenda gurau, dan barista kami pun sibuk meracik banyak menu kopi yang dipesan. Saat kondisi berjalan lancar seperti itu, ada saja hambatan yang tak terduga. 

Tiba-tiba, koneksi internet melambat karena banyak yang menggunakannya dan pembayaran non tunai pun terganggu. 

Sebagai owner dan mencintai dunia enterpreneur, kendala seperti itu bukan hal yang berarti apalagi bikin panik bagi suami. Suami selalu tenang ketika menghadapi kendala dalam setiap perjalanan bisnisnya. 

Di situlah aku jadi sadar, dukungan layanan pelanggan yang cepat dan mudah dihubungi itu sangat penting untuk keberlangsungan usaha. Bayangkan kalau saat kafe penuh, ada gangguan teknis, tapi layanan support yang dihubungi lambat merespon, pasti bikin situasi makin berantakan kan? Huhu. 

Foto bersama rekan-rekan (Sumber: Dok. Pribadi)
Foto bersama rekan-rekan (Sumber: Dok. Pribadi)

Aku kemudian mengetahui bahwa Telkom menghadirkan Indibiz Care, layanan pelanggan yang bisa diakses 24/7 tanpa hari libur, melalui berbagai kanal: WhatsApp, email, call center, media sosial, hingga telegram. Konsepnya sesuai dengan prinsip simplify to amplify, membuat proses jadi lebih sederhana agar dampaknya bisa lebih besar bagi pelaku usaha.

Banyak pelaku usaha yang sudah merasakan manfaatnya. Misalnya, Muslim Rachman dari PT Lautan Berlian, Lampung, bercerita bahwa setiap ada kendala, masalah bisa diselesaikan tidak lebih dari dua jam sejak dilaporkan. Hal senada juga diungkapkan Nazira Anindi dari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan, yang merasakan teknisi Indibiz selalu sigap datang ke lokasi sehingga aktivitas tetap lancar.

Mendengar pengalaman mereka, aku jadi merasa bahwa dukungan seperti ini sangat berarti bagi small shop seperti kami. Dengan layanan pelanggan yang cepat tanggap, kami bisa lebih fokus pada cita rasa kopi yang konsisten, menciptakan suasana nyaman, dan membuat pelanggan betah berlama-lama di kafe.

Karena pada akhirnya, setiap secangkir kopi yang tersaji di Sakhaja Kopi juga merupakan hasil dari banyak hal di balik layar, kerja keras tim, dukungan pelanggan, dan tentu saja layanan yang membantu usaha tetap lancar.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun