Mohon tunggu...
Aldin Sultan
Aldin Sultan Mohon Tunggu... Mahasiswa UPI

Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Edukasi Virus Corona (Covid-19)

26 Desember 2020   14:12 Diperbarui: 26 Desember 2020   14:28 42 0 0 Mohon Tunggu...

Artikel Ilmiah

Virus Corona (Covid-19)

oleh Aldin Sultan Rahimi, Pendidikan Bisnis, Universitas Pendidikan Indonesia

Abstrak

Virus corona yang diketahui tergolong kepada dua penyakit yaitu Middle East Respiratory Syndrome (MERS-SoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV).Salah satu pernyakit virus corona yang baru diketahui disebut sebagai Covid-19 menandakan kategori virus sesuai ID dan tanggal pertama kali tercipta gejala virus corona. Covid-19 dapat menyerang sistem pernapasan dimana menyebabkan gangguan ringan ataupun berat pada paru-paru berupa infeksi bahkan kematian. 

Kata kunci : virus corona, covid-19, sistem pernapasan

Pendahuluan

Pada tanggal 31 Desember 2019, World Health Organization (WHO) mendapatkan informasi mengenai kasus pneumonia yang terjadi di kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Tanggal 7 Januari 2020, otoritas Cina mengkonfirmasi telah mengidentifikasi virus baru, yaitu virus Corona, yang merupakan famili virus flu, seperti virus SARS dan MERS, yang mana dilaporkan lebih dari 2.000 kasus infeksi virus tersebut terjadi di Cina, termasuk di luar Provinsi Hubei.

Virus Corona (CoV) merupakan famili virus yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih berat seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS-SoV) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS-CoV). Pada 11 Februari 2020, WHO mengumumkan nama virus Corona jenis baru tersebut adalah Corona Virus Disease 2019 (disingkat menjadi COVID-19).

Pembahasan

Covid-19 merupakan salah satu virus dari family virus corona dimana virus corona menyerang sistem pernafasan dimana mengakibatkan gangguan-gangguan ringan atau berat seperti infeksi paru-paru, sesak nafas, bahkan kematian. Virus ini dapat menyerang siapa saja, tidak tergolong umur seperti lansia (golongan usia lanjut), orang dewasa, anak-anak, dan bayi, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x