Mohon tunggu...
Aldi Gozali
Aldi Gozali Mohon Tunggu... Akuntan - A lifelong learner

A true learner who loves to write about business, economics, and finance. | All the articles here are originally taken from https://aldigozali.com. Visit there for more articles. | Twitter: @aldigozali | Email: aldi.gozali@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Piala Dunia 2022: Menerka Sang Jawara dengan Statistika

22 November 2022   02:00 Diperbarui: 27 November 2022   08:45 1390
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Seorang pria mengambil gambar replika trofi Piala Dunia FIFA di depan Stadion Al-Bayt di al-Khor pada 10 November 2022, menjelang turnamen sepak bola Piala Dunia 2022 Qatar. Piala Dunia 2022 akan dibuka dengan laga Qatar vs Ekuador pada Minggu (20/11/2022) malam WIB.(AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV via kompas.com)

Piala Dunia Qatar 2022 saat ini sedang berlangsung, dan dijadwalkan selesai pada 18 Desember 2022. Ini adalah acara akbar yang ditunggu-tunggu banyak orang. 

Sebagai negara tuan rumah, Qatar tentu akan mengupayakan segala sesuatunya secara maksimal, tak hanya dari segi penyelenggaraan acaranya namun juga performa tim nasionalnya. Tapi ngomong-ngomong bagaimana sebuah tim dengan jumlah poin tertinggi menang? 

Bagaimana kaitan data historis dengan hasil yang akan datang dalam kejuaraan tahun ini? Dalam artikel ini, saya akan meneliti semua itu dengan statistika.

Langkah pertama dalam setiap penelitian, selain menentukan permasalahan, adalah menentukan data apa yang akan dikumpulkan dan dianalisis. 

Ada dua sumber data utama yang dapat digunakan untuk menerka jalannya pertandingan dalam hal ini: statistik tim dan statistik pemain individu. 

Saya akan membatasi fokus tulisan pada statistik tim untuk melihat bagaimana mereka dapat digunakan untuk menerka sang jawara Piala Dunia Qatar 2022.

Gambar: dokumentasi pribadi (aldigozali.com)
Gambar: dokumentasi pribadi (aldigozali.com)

Tim dengan peringkat pertahanan yang tinggi cenderung bermain dengan baik di pertahanan, sementara tim yang unggul dalam menyerang lebih mungkin untuk mencetak banyak gol. 

Dengan melihat statistik masing-masing tim, kita bisa mendapatkan gambaran tentang bagaimana mereka akan tampil di turnamen ini.

Adapun statistik yang akan saya gunakan adalah jumlah gol, kemenangan, seri, dan poin yang dicetak masing-masing tim yang berpartisipasi di ajang Piala Dunia tahun ini sejak turnamen ini pertama kali digelar di tahun 1930. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun