Mohon tunggu...
Aldi Dzikri Sholihin
Aldi Dzikri Sholihin Mohon Tunggu... Pembelajar

"Kita tidak diciptakan untuk menyelesaikan masalah. Namun, kita diciptakan untuk menjalani masalah"

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Bahaya Begadang terhadap Kesehatan

4 Desember 2019   05:53 Diperbarui: 4 Desember 2019   06:04 0 1 1 Mohon Tunggu...
Bahaya Begadang terhadap Kesehatan
Sumber: tagar.id

Begadang adalah sebuah kondisi dimana kita tetap terjaga dari larut malam hingga pagi dini hari. Kebanyakan orang begadang karena dengan alasan sulit untuk tidur, dikejar deadline untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan, dan lainnya. 

Kebanyakan orang mungkin tidak menyadari bahwa begadang adalah prilaku yang kurang baik untuk dilakukan, karena dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Berikut beberapa hal yang akan terjadi dari akibat seringnya begadang  :

1. Kadar gula darah naik
Mengutip Bustle, melakukan studi pada 2015 terhadap seorang partisipan wanita yang sering melakukan begadang. Ternyata dari hasil penelitiannya, wanita yang sering begadang tersebut lebih mudah naik gula darahnya.
Jiga terus dilanjutkan, mungkin hiperglikemia atau kadar gula darah yang tinggi dapat berujung pada penyakit kardiovaskular dan kerusakan pada ginjal.

2. Risiko penyakit jantung
Begadang dapat membahayakan kondisi jantung. Sebuah studi penelitian mengungkapkan, bahwa  setiap satu jam waktu tidur yang berkurang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung sebesar 11%.  Perlu diketahui bahwa Jantung kita di setiap harinya membutuhkan istirahat, salah satunya yakni dengan cara tidur yang cukup agar jantung bisa kembali bekerja dengan baik saat esok hari.

3. Kenaikan berat badan
Seringkali terjadi pada saat begadang, kita akan merasakan lapar yang berlebih. Pada akhirnya, kita pun pergi ke dapur untuk mencari makanan/camilan. Kebiasaan makan pada malam hari ini sangat berisiko adanya kenaikan berat badan. Karena setelah makan, kita akan merasa ngantuk dan langsung tertidur yang mana akan mengganggu tubuh untuk membakar lemak dan mencerna makanan.

4. Rasa lelah 

Dengan begadang, kita akan kekurangan jam untuk beristirahat sehingga menyebabkan kita lelah dan pusing pada saat bangun tidur, sehingga akan menyebabkan aktivitas kita menjadi kurang produktif.

5. Tekanan darah tinggi
Cobalah untuk mengecek tekanan darah Anda ketika bangun tidur. Studi pada 2013 menemukan, sekitar 30% orang yang sering melek semalaman berisiko tinggi akan mengalami kenaikan tekanan darah. Salah satu contoh, jika Anda akan melakukan donor darah maka cobalah untuk begadang sebelumnya. Pasti Anda tidak akan berhasil melakukan donor darah, karena tingkat Hemoglobin yang tinggi.

Hal-hal diatas perlu dicermati, untuk kehidupan yang lebih sehat :)

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x