Mohon tunggu...
Albertus Sindoro
Albertus Sindoro Mohon Tunggu... Musisi - Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Mahasiswa Komunikasi Media Massa dan Digital Atma Jogja

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Dear Mahasiswa Baru, Inilah Manfaat dari Aktif di Organisasi Kampus!

19 Juli 2021   15:16 Diperbarui: 19 Juli 2021   16:19 92 5 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dear Mahasiswa Baru, Inilah Manfaat dari Aktif di Organisasi Kampus!
Ilustrasi Kampus. Sumber: istimewa

Selain belajar di dalam kelas, mahasiswa harus aktif di organisasi kampus. Dengan aktif di organisasi kampus, ada banyak manfaat yang bisa kalian dapatkan!

Untuk para mahasiswa baru yang tahun ini akan memulai dunia perkuliahan, ada satu hal penting yang wajib untuk dilakukan dalam dua hingga empat tahun ke depan, yakni aktif di dalam organisasi tingkat universitas. Hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan mengingat ada beberapa manfaat yang bisa kalian peroleh, antara lain:

1. Menambah jaringan relasi

Dengan bergabung di organisasi kampus, kalian akan mendapat relasi pertemanan yang lebih luas yang tidak hanya berada di level jurusan/departemen/fakultas tempat kalian menempuh pendidikan, bahkan sampai mendapat relasi kakak tingkat hingga adik tingkat yang tentunya merupakan hal yang baik bagi kalian.

Tidak hanya soal pertemanan, namun terbangunnya relasi dengan dosen dan pengurus kantor unit di kampus pun menjadi nilai tambah dari aktif di kegiatan organisasi.

2. Menambah pengalaman, khususnya pengalaman kerja

Organisasi kampus punya beberapa program kegiatan yang secara tidak langsung akan menempa kalian untuk mampu beradaptasi dan terlibat di dalam sebuah lingkungan, khususnya di dalam organisasi itu sendiri.

Bekerja dalam organisasi. Sumber: istimewa
Bekerja dalam organisasi. Sumber: istimewa

3. Wadah untuk menggali potensi diri

Organisasi kampus menjadi wadah yang tepat bagi kalian untuk menggali potensi diri. Potensi diri tidak hanya ditunjukkan dengan prestasi akademik, namun juga ditunjukkan dengan kemampuan beradaptasi dalam sebuah lingkungan serta memiliki relasi yang baik dengan lingkungan sekitar.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x