Mohon tunggu...
akmaludin AKMALUDIN
akmaludin AKMALUDIN Mohon Tunggu... Saat ini masih aktif sebagai dosen di kampus universitas bina sarana informatika dan stmik nusamandiri

Lulusan Universitas gunadarma dan masih aktif mengajar di 2 perguruan tinggi swasta di indonesia

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pelatihan Pembuatan Design Digital Marketing bagi Masyarakat Desa Cikarageman, Kecamatan Setu, Bekasi

13 April 2021   12:30 Diperbarui: 13 April 2021   12:43 36 2 0 Mohon Tunggu...

Desa Cikarageman  adalah desa yang sebagian penduduknya bertani dan Berdagang serta sebagian bekerja sebagai karyawan di lingkungan industry, baik di bekasi maupun di cileungsi dan sebagian besar pemduduknya masih produktif dan dengan  rata rata pendapatan diatas cukup baik  dan sebagaian wilayah sudah tercakupi signal komunikasi 4G yang baik, penggunaan Smartphon hanya digunakan untuk melihat Instagram, Facebook, Chatingg sehingga kegiatanini sebagai bentuk kebiasaan hedonis bagi mereka, sehingga fasilitas teknologi ini perlu dimanfaatkan sebagai pengembangan usaha dan dalam desa ini setiap tahun semakin besar dan tumbuh dari segi kualitas penduduk dan perkembnagan potensi dari agraris menuju pendapatan industry.

Dari segi ekonomi penduduk semakin meningkat kedepannya dari besarnya potensi tersebut maka perlu diberikan edukasi dan pemahaman tetang pemanfaat ekonomi digital, bagi UMKM di Desa Cikarageman khusunya karang taruna agar mereka bisa jadi pelopor pengembangan ekonomi khususnya mengenai digital marketing menggunakan pamlet dan banner untuk manambah wawasan dan  keterampilan dalam pembuatan pamlet dan banner sebagai peningkatan pendapatan UMKM masyarakat desa cikaregeman dan juga bagi kesejahteraan keluarga mereka. 

Dengan pelatihan keilmuan digital marketing dapat memberikan peluang untum pengembangan malalui media social dan memanfaatkan digital marketing sebagai pengembangan usaha mikro kecil dan menengah. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengaruh terhadap kinerja UMKM dlingkungan Desa Cikarageman dengan dibantu dukungan modul praktikum digital terhadap pengembangan usaha UMKM tersebut.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Permasalahan  yang dapat diidentifikasikan sebagai berikut: Dari hasil wawancara dengan bebarapa warga dan  pengamatan langsung dapat di lihat bahwa banyak potensi produk penjulan semakin berkurang dan kurang maksimal terutama dalam Desain dan pemanfaatan digital marketing seperti pembuatan Pamlet dan  Banner  dan masih banyak pembuatan pamplet maupun banner masih di buat dari pihak luar dan dengan harga yang mahal serta sebagian warga yang bergerak di penjualan seperti makanan  maupun produk lain terasa sulit ntuk berkembang. dari hasil identifikasi permasalahan diatas dapat kami simpulkan dan mencoba mencari sebuah Solusi bagaimana masyarakat desa Cikarageman terutama warga yang mencoba berusaha atau berdagang di masa pademi ini mendapat pencerahan bagaimana pemasaran produk mereka menjadi lebih baik dari segi promosi maupun penjualannya  terutama pada masa Pembatasan Sosial seperti Covid-19 saat ini. 

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Solusi untuk menyelesaikan permasalahan yang dirasakan oleh UMKM Desa Cikarageman khususnya Karang Taruna Desa Cikarageman Kampung Setu Kabupaten Bekasi Jawa yaitu dengan memberikan kegiatan Pelatihan Komputer Pembuatan Design Digital berupa Banner dan Pamlet untuk meningkatkan wawasan dan pendapatan masyarakat desa dan kegiatan pelatihan computer ini menjadi bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Adapun target luaran yang di harapkan adalah sebagai solusi utama untuk meningkatnya wawasan dan pendapatan bagi UMKM khsusunya pemuda karang karang taruna desa Cikarageman Kecamatan Setu, Bekasi Jawa Barat sehingga kedepannya mereka dapat mandiri menggunakan komputer untuk untuk membuat desain Banner dan Pamlet sebagai bentuk usaha mandiri UMKM mereka khsusnya pemuda Karang Taruna di lingkungan Desa Cikarageman, Kecamatan Setu, Bekasi, Jawa Barat.

Dokpri
Dokpri
Rencana Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilakukan selama dua hari yaitu pada tanggal 27 dan 28 Maret 2021, waktu yang dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu yang dibagi menjadi beberapa aktivitas tahapan. Beberapa tahapan yang dilakukan maulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penutupan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Bentuk kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa pelatihan komputer yang dikhusukan kepada pembuatan design digital pembuatan produk yang mampu menjawab semua permasalahan yang dihadapi oleh Mitra yaitu para UMKM bagi pemuda pemudi Desa Cikarageman Kecamatan Setu seperti promosi, pemasaran, dan persaingan usaha, sedangkan muaranya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pendapatan masyarakat khususnya para UMKM dari kalangan pemuda pemudi Desa Cikarageman Kecamatan Setu.

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Metode Kegiatan Masyarakat dalam bentuk penyuluhan yang diberikan berupa Pelatihan Komputer Design Digital berupa Pamplet dan Banner menggunakan aplikasi Disign Digital. Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat ini didukung oleh sejumlah perangkat berupa Laptop dari para Dosen STMIK Nusa Mandiri yang dipinjamkan dan  sekaligus memberikan bantuan bimbingan dari Mahasiswa STMIK Nusa Mandiri, agar peserta dapat mengikuti kegiatan Pengabdian kepada  Masyarakat dengan lebih semangat, dan beberapa orang dari peserta ada juga yang membawa Laptop pribadinya. Dukungan ketersediaan Laptop ini bertujuan agar setiap peserta dengan mudah dan cepat memahami materi kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dengan baik. Secara praktis metode kegiatan pelatihan ini, setiap peserta diberikan bimbingan penyampaian materi berupa Design Digital pembuatan Pamplet dan Banner dengan menggunakan media online berupa Zoom meeting. Pelaksanaan kegiaaatan dibagi menjadi dua bagian, sebagian personil panitia ada yang berada ditempat Balai Desa Cikarageman dan sebagian personil panitia ada yang menggunakan media online via Zoom meeting,  hal ini untuk menjaga protocol kesehatan Covid-19 agar tidak terjadi kerumunan di lokasi tempat kegiatan yaitu di Balai Desa Cikarageman.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x