Mohon tunggu...
Aisha Hasna Azizah
Aisha Hasna Azizah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo semuanya..

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Pendampingan Pembelajaran Daring dalam Upaya Tingkatkan Kualitas Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

24 Juli 2021   15:19 Diperbarui: 25 Juli 2021   09:59 182
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019. Virus ini yang telah menyebar ke berbagai benua dan negara, serta menyerang banyak orang. Bahkan seiring waktu berjalan jumlah kasus orang yang terjangkit Virus Covid-19 terus meningkat.

Pembatasan Sosial Berskala Besar dilakukan upaya mengurangi tingkat kasus Covid-19 yang terus meningkat, ini menyebabkan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan tingkat universitas diberhentikan sementara. Pada bidang pendidikan, Pemerintah mengambil langkah untuk melaksanakan pembelajaran daring atau online dengan memanfaatkan teknologi digital. 

Cara ini adalah upaya supaya siswa dan pendidik tidak perlu bertatap muka langsung melainkan hanya dalam jaringan saja. Pembelajaran daring atau online juga mempunyai beberapa kendala, pendidik harus menjadi kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kualitas media pembelajaran agar siswa merasa nyaman, tidak merasa kaku dan merasa bosan dengan cara belajar yang harus dilaksanakan daring ini.

Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia melalui suatu program kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) membantu menanggulangi dampak yang ditimbulkan dari adanya pandemi Covid-19 terhadap Pendidikan. Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen Universitas Pendidikan Indonesia (LPPM UPI). 

Melalui program KKN ini, mahasiswa mencoba melakukan kegiatan penguatan dan pendampingan pembelajaran daring terhadap salah satu sekolah yang ada di sekitar tempat tinggal mahasiswa. Tujuannya agar memudahkan mahasiswa dimanapun berada bisa melaksanakan program dengan nyaman dan aman tanpa harus khawatir untuk bepergian jauh.

Saya adalah seorang mahasiswa UPI yang sedang melaksanakan program KKN. SMA Labschool UPI adalah pilihan saya untuk membantu para pendidik, peserta didik dan orangtua peserta didik dalam penguatan kegiatan pembelajaran daring.

Penguatan media pembelajaran dengan lebih kreatif dan inovatif adalah tujuan saya, karena tidak nyaman rasanya bila media pembelajaran yang di sajikan oleh pendidik terlihat monoton dan kaku. Animasi video mengeluarkan visual dan audio yang menarik, maka itulah saya mencoba membuat animasi video dalam media pembelajaran. Apakah hal yang menarik dari animasi video? Animasi video ini menampilkan karakter untuk menjelaskan seseorang berbicara. 

Berbagai macam karakter, layar tempat, dan waktu bisa kita pilih sesuai kebutuhan kita. Untuk audio dalam video animasi dibutuhkan rekaman suara untuk mengisi suara karakter yang kita pilih, setelah rekaman siap lalu rekaman akan di input sesuai dengan karakter yang di pilih. Aplikasi ini dinamakan Plotagon Story. Aplikasi ini memudahkan para pendidik untuk menarik peserta didik agar semangat dan nyaman dalam pembelajaran daring atau online ini.

Membuat animasi video sederhana sebagai media pembelajaran bagi peserta didik adalah salah satu upaya meningkatkan kualitas media pembelajaran menjadi kreatid dan inovatif dalam kegiatan belajar secara daring dan dapat memudahkan kegiatan belajar mengajar di masa pandemi ini.

Oleh: Aisha Hasna – S1 Pendidikan Teknik Mesin Universitas Pendidikan Indonesia (Kelompok 6 KKN UPI Bumi Siliwangi)

DPL: Dr. Rudi Adi Nugroho, M.Pd.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun