Mohon tunggu...
Ahmad Aunullah
Ahmad Aunullah Mohon Tunggu... Pelaku Wisata

Pelaku wisata yang tidak suka berada indoor terlalu lama. Berkantor di Lombok, bertempat tinggal kebanyakaan di laut.

Selanjutnya

Tutup

Travel

Airport Lounge dan Airline Lounge

25 Januari 2021   04:49 Diperbarui: 25 Januari 2021   05:10 44 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Airport Lounge dan Airline Lounge
Marrakech airport lounge (Photo : Miltiadis Fragkidis -unsplash.com) )

Apabila kita akan melakukan penerbangan dan sudah selesai melakukan check-in dan mendapatkan boarding pass maka selanjutnya adalah menunggu saat ada panggilan untuk naik ke pesawat, selain mondar-mandir melihat toko-toko disekitar terminal dan menyantap snack atau minuman.

Namun menunggu waktu hingga pemanggilan sungguh dapat membosankan dan ditambah dengan ramainya lalu lintas para air traveler sehingga alangkah nikmatnya bila dapat menunggu di sebuah ruang tunggu yang nymana dan dapat menyantap makanan dan minuman sepuasnya.

Perkembangan lounge sebagai tempat menunggu yang tenang dan jauh dari hiruk pikuk bandara sangat pesat dan sudah menjadi kebutuhan utama bagi beberapa traveler yang memiliki mobilitas tinggi dalam pekerjaannya yang banyak menggunakan layanan penerbangan.

Pada jam-jam sibuk di bandara, para traveler dengan berbagai tujuan penerbangan menumpuk di ruang tunggu bandara dan karena kebisingan dan hiruk pikuk ini beberapa traveler membutuhkan tempat menunggu yang nyaman hingga waktu naik pesawat.

Lounge adalah jawaban yang saat ini sudah tidak lagi merupakan tempat menunggu bagi para traveler di kelas bisnis dan utama, namun sudah menjadi kebutuhan juga bagi beberapa traveler yang sering melakukan perjalanan dari satu tempat ke tempat lain dan sering harus transit di sebuah bandara untuk penerbangan selanjutnya.

Kini hampir disemua bandara besar memiliki fasilitas lounge dalam memberikan kenyamanan para traveler berupa tempat menunggu yang nyaman dan fasilitas makanan dan minuman serta lainnya selama menunggu penerbangan selanjutnya.

Airport Lounge dan Airline Lounge

Airline Lounge biasanya disediakan oleh sebuah maskapai sebagai pelayanan tambahan bagi para pelanggannya di kelas bisnis dan utama dengan menyediakan ruang tunggu yang nyaman dengan cuma-cuma serta dengan fasilitas makanan dan minuman serta lainnya.

Seiring dengan berjalannnya waktu dan penambahan jumlah traveler dan membutuhkan ruang tunggu yang nyaman walau tidak terbang pada kelas bisnis dan utama, maka berkembang penggunaan Airport Lounge yang bukan dikelola oleh maskapai namun oleh perusahaan non maskapai dan dapat dinikmati oleh semua traveler bahkan yang terbang pada kelas ekonomi sekalipun dengan layanan yang sama akan tetapi dengan sistem berbayar atau Pay Per Use.

Dari segi kualitas terutama pada hidangan makanan dan minuman, mungkin dapat dikatakan airline lounge lebih baik karena hal ini disediakan untuk para pelanggan dari maskapai yang bersangkutan dalam memanjakan mereka.

Walau ada beberapa perbedaan layanan antara Airport Lounge dengan Airline Lounge, namun Airport Lounge setidaknya dapat dijadikan ruang tunggu yang cukup nyaman bagi para traveler yang ingin berada di tempat yang tenang sambil menunggu penerbangan selanjutnya dengan menghindari hiruk pikuk para traveler di sekitar terminal bandara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN