Administrasi Fasilitas Meliputi: Perencanaan, Pengadaan, Pemeliharaan, dan Pengawasan dalam PendidikanÂ
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Unisnu, Jawa Tengah 59462 , Indonesia
Abstrak
Â
Administrasi fasilitas merupakan bagian penting dari manajemen pendidikan yang berfokus pada pengelolaan sarana dan prasarana untuk mendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Empat aspek utama yang menjadi inti administrasi fasilitas adalah perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, dan pengawasan. Keempat komponen ini saling berkaitan untuk memastikan seluruh fasilitas pendidikan berfungsi secara optimal, efisien, dan berkelanjutan. Artikel ini membahas konsep, prinsip, dan implementasi keempat aspek tersebut dalam konteks lembaga pendidikan, serta menyoroti pentingnya inovasi dan penggunaan teknologi digital dalam pengelolaannya
Kata Kunci: administrasi fasilitas, perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, pengawasan, pendidikan.
PENDAHULUAN
Â
Dalam dunia pendidikan, keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya bergantung pada kualitas guru dan kurikulum, tetapi juga sangat bergantung pada pengelolaan dan ketersediaan sumber daya pendidikan yang memadai. Fasilitas pendidikan berfungsi sebagai media pendukung utama untuk mewujudkan lingkungan belajar yang efektif, produktif, dan menyenangkan. (Siregar, 2021)
Oleh karena itu, pengelolaan fasilitas tidak boleh diabaikan karena merupakan bagian penting dari sistem manajemen pendidikan yang luas.
Secara umum, administrasi fasilitas pendidikan mencakup seluruh kegiatan yang berkaitan dengan perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, dan pengawasan sarana dan prasarana pendidikan agar digunakan secara optimal. Fasilitas pendidikan mencakup berbagai elemen, seperti laboratorium, perpustakaan, ruang kelas, peralatan belajar, dan infrastruktur penunjang, seperti listrik, air, dan Tehnologi Informasi.(Mulyani, 2020).
Selain meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, fasilitas yang lengkap, tertata, dan terawat baik dapat meningkatkan kenyamanan siswa dan tenaga pendidik. (Hasanah, 2022).