Mohon tunggu...
Agustin Fajariah Asih
Agustin Fajariah Asih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Direktur LKaP PMII Rayon Abdurrahman Wahid UIN Walisongo Semarang

Saya sebenarnya lebih suka membaca, tetapi akhir-akhir ini saya sering diberi tugas dan tanggung jawab untuk menulis. Oleh karena itu, saya mulai menyukai bidang tulis-menulis✨✌️

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Pulang dan Berkilau: Perjalanan Sophia dari Kota Besar ke Kampung Halaman

20 Desember 2023   19:33 Diperbarui: 20 Desember 2023   20:01 84
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Sophia tiba di kota besar dengan penuh semangat, mata penuh dengan mimpi besar. Kota ini adalah jalan menuju cita-citanya, menjadi seorang dokter. Dengan tasnya yang penuh dengan harapan, dia menapaki tanah kampus yang akan menjadi rumahnya untuk beberapa tahun ke depan.

Namun, kegembiraannya segera tergantikan oleh tantangan yang tak terduga. Mengurus dirinya sendiri di kos yang jauh dari keluarganya ternyata tidaklah semudah yang dia bayangkan. Sophia menemukan dirinya harus belajar memasak, mengatur keuangan, dan menjaga kamar kosnya tetap bersih.

Setiap hari merupakan tantangan baru, namun Sophia tidak menyerah. Dia memutuskan untuk berbicara dengan teman-teman sekelasnya, dan tak disangka, beberapa dari mereka juga merasakan kesulitan yang sama. Mereka membentuk sebuah ikatan, saling berbagi cerita tentang perjuangan mereka dan mendukung satu sama lain.

“Sebenarnya, saya kangen sekali rumah saya,” kata Sophia kepada teman barunya, Priya.

“Tapi, bagaimana kamu bisa tetap ceria seperti ini?,” tambahnya.

Priya tersenyum,

“Kamu tahu, saya juga merindukan keluarga saya setiap hari. Tapi saya belajar untuk menemukan kebahagiaan di sini. Menikmati proses, tahu bahwa semua ini adalah bagian dari perjalanan menuju impian kita,” ungkap Priya.

Percakapan-pertemuan seperti ini membantu Sophia untuk lebih terbuka dan menerima perubahan. Setiap cerita yang dibagikan, setiap tawa yang dilemparkan, membantu Sophia melihat bahwa dia tidak sendirian. Mereka membentuk keluarga baru, satu sama lain sebagai saudara.

Sementara Sophia belajar tentang kehidupan dan kemandirian, dia juga menyadari bahwa dia memiliki kemampuan untuk belajar dengan cepat dan bersaing di kelas. Meskipun awalnya sulit, dia mulai menikmati kemandirian yang membuatnya bisa fokus pada impian dan tujuannya.

“Saya merindukan kampung halaman, tapi saya juga menyadari betapa pentingnya perjuangan ini untuk masa depan saya,” cerita Sophia kepada teman-temannya.

Dengan tekad yang semakin kuat, Sophia menjalani kehidupannya di kota ini. Dia belajar keras, tidak pernah mengeluh, dan selalu memberikan yang terbaik. Profesornya terkesan dengan dedikasi dan komitmennya, mengakui bahwa Sophia adalah salah satu siswa dengan kinerja terbaik di kelasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun