Mohon tunggu...
Agustina Purwantini
Agustina Purwantini Mohon Tunggu... Freelancer editor, writer - Sang Pembelajar

Pengelola www.tinbejogja.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Menyusuri Kawasan Sumbu Filosofi dengan Bus Jogja Heritage Track

17 September 2022   11:17 Diperbarui: 17 September 2022   11:21 262 39 8
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Tempo hari saya telah bercerita tentang acara motoran menyusuri Kawasan Sumbu Filosofi yang saya ikuti, yang merupakan salah satu agenda dari Jogja World Heritage Week (JWHW) 2022. Nah! Sekarang saya hendak bercerita tentang jalan-jalan dengan rute yang sama, tetapi transportasinya Bus Jogja Heritage Track

Hmm. Apa tidak bosan? Tidak, dong. Sensasinya 'kan berbeda. Moda transportasi yang dipergunakan, waktu dan tempat pemandu menyampaikan informasi, dresscode, serta titik kumpul (titik keberangkatan) pun tak sama. Jadi, mana bisa bosan?

Informasi yang diberikan pemandu memang sama. Akan tetapi, alih-alih bosan saya malah merasa beruntung karena itung-itung memperkuat pemahaman mengenai Sumbu Filosofi.

SABAR, ANTRE, SYUKUR

Keliling Kawasan Sumbu Filosofi naik Bus Jogja Heritage Track ini tidak termasuk rangkaian acara JWHW 2022. Justru saya menaiki bus istimewa tersebut 6 minggu sebelumnya. Persisnya pada tanggal 28 Juli 2022 pukul 14.00 WIB.

Wuih! Kok ingat banget? Tentu saja ingat. Ini 'kan sesuatu yang mengesankan sekaligus semacam ujian kesabaran. Karena sesungguhnya di balik kesuksesan saya berkeliling Kawasan Sumbu Filosofi dengan Bus Jogja Heritage Track, ada perjuangan panjang yang menyertai.

Adapun proses perjuangan dimulai sejak pertama kali saya melihat Bus Jogja Heritage Track, yang saat itu sedang melintas di Jalan Malioboro. Entahlah itu pada bulan apa. Kalau tidak salah sih, antara Maret atau April 2022. Tak lama setelah ada relokasi PKL Malioboro.

Didorong rasa kepo dan penasaran, saya pun berkabar kepada dua teman sesama anggota KJOG. Menyampaikan bahwa ada bus wisata unik. Bla-bla-bla. Sekaligus mengajak cari tahu informasi lebih detil tentang bus tersebut.

Kedua teman saya itu memang bisa diandalkan dalam hal berburu informasi beginian. Terbukti dalam waktu tak begitu lama, kami sudah paham mengenai bus wisata tersebut. Sudah pasti akun IG @sumbufilosofi dan @dinaskebudayaandiy menjadi sumber acuan utamanya.

Kami kemudian setia memantau unggahan-unggahan kedua akun IG tersebut. Demi apa? Demi menunggu informasi, kapan Bus Jogja Heritage Track membuka pendaftaran ujicoba untuk masyarakat umum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan