Mohon tunggu...
Agustina Purwantini
Agustina Purwantini Mohon Tunggu... Administrasi - Kerja di dunia penerbitan dan dunia lain yang terkait dengan aktivitas tulis-menulis

Founder #purapurajogging

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Mari Berjumpa dan Refreshing di Grhatama Pustaka Yogyakarta

23 Mei 2022   23:35 Diperbarui: 24 Mei 2022   05:10 534
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Jika berkunjung ke Yogyakarta, main-main jugalah ke Grhatama Pustaka, terlebih kalau Anda gemar membaca. Atau, kebetulan sedang mencari beberapa referensi untuk keperluan studi/pekerjaan. Atau, cuma butuh tempat buat refreshing yang gratisan.

Jadi, Grhatama Pustaka itu sebenarnya apa? Perpustakaan atau spot wisata? Tentu saja sesuai dengan namanya, Grhatama Pustaka adalah sebuah perpustakaan. Tepatnya perpustakaan terpadu.

ALTERNATIF AREA PUBLIK YANG ASYIK

Perpustakaan keren tersebut diresmikan oleh Sultan Hamengku Buwono X selaku Gubernur DIY, pada tanggal 21 Desember 2015. 

Nama "Grhatama Pustaka" itu pun merupakan pemberian beliau. Dari informasi yang saya baca di website resmi Dinas Perpustakaan dan Arsip DIY, Grhatama Pustaka berarti 'tempat menyimpan suwaka'. Maksudnya, di perpustakaan ini tersimpan berbagai koleksi buku. 

Mulai dari buku-buku langka hingga buku-buku baru, baik yang berupa buku cetak maupun digital. Buku dengan huruf braille untuk teman-teman tunanetra juga tersedia.

Sampai di sini Anda tentu sudah paham mengapa Grhatama Pustaka saya sebut keren. Namun, di sisi lain pasti bertanya-tanya. 

Dengan koleksi yang seperti itu, mengapa saya malah menyarankan untuk refreshing di situ? Apa tidak mengganggu pengunjung yang datangnya demi keperluan cari referensi?

Tidak mengganggu, dong. Perlu diketahui bahwa Grhatama Pustaka berdiri di atas lahan seluas 2,4 hektar. Bangunannya bertingkat dan besar. Halaman hijau yang mengelilingi bangunannya luas. Tempat parkirnya juga luas sekali.

Di satu sudut halaman dalam bahkan ada beberapa gazebo. Kita bisa membaca ditemani angin sepoi-sepoi di situ. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun