Mohon tunggu...
Agus Mbedun
Agus Mbedun Mohon Tunggu... Guru - seorang pembelajar yang suka berbisnis

"hargai waktu", gunakan sebaik mungkin, karena dia tidak akan pernah kembali untuk terulang...

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Cara Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik Versi Guru Sosiologi Milenial

16 Agustus 2021   21:18 Diperbarui: 16 Agustus 2021   21:45 328 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik Versi Guru Sosiologi Milenial
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK 

VERSI GURU SOSIOLOGI MILENIAL

Di era pandemi seperti sekarang ini terjadi banyak perubahan di masyarakat. Perubahan terseput meliputi berbagai bidang. Perubahan yang terasa di lingkup insan cendikia adalah dalam bidang pendidikan. 

Bukan menyalahkan dan mempermasalahkan terkait pandemi yang terjadi seperti sekarang ini, namun dalam konteks berpikir yang lain sebagai seorang yang berpendidikan kita harus bijak dalam menghadapi masalah seperti ini. 

Pandemi yang hampir kita rasakan selama satu tahun lebih ini sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Di berbagai daerah mayoritas pendidikan di sekolahan atau formal masih menggunakan model pembelajaran jarak jauh atau biasa kita dengar dengan istilah PJJ.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) merupakan solusi yang tepat bagi peserta didik maupun guru pada saat ini, namun jika kita mau mengupas dan menganalisis pembelajaran secara PJJ sejauh ini banyak kelebihan dan kelemahannya. 

Kelebihannya adalah peserta didik dapat menggunakan media yang mereka suka atau familiar, misalnya HP, Gadget maupun smart phone, peserta didik bisa mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru tanpa berpaku pada tempat khusus, jadi dimanapun bisa dilaksanakan asalkan sinyal dan jaringannya mendukung. 

Namun dengan media yang mereka gunakan ada sebagian orang tua yang merasa khawatir, karena tidak semua anak memegang HP itu full hanya untuk menjembatani mereka belajar, namun ada juga yang dilakukan dengan bermain game online, hal inilah yang menjadikan kepanikan tersendiri pada diri orang tua. 

Selain itu dampak yang dirasakan selama PJJ sebagai makhluk sosial, kepribadian anak menjadi lebih individualis dibandingkan saat tatap muka karena jika bertatap muka langsung anak-anak sebagai makhluk sosial bisa melakukan perannya sebagai makhluk sosial secara langsung dengan berinteraksi dan bersosialisasi, namun dengan PJJ anak-anak melakukan interaksi dan bersosialisasi itu harus menggunakan media perantara, jika tidak ada media maka komunikasi yang mereka lakukanpun juga tidak akan lancar. 

Itu dilihat dari segi media, kalau dilihat dari motivasi belajar peserta didik sangat terlihat bahwa PJJ ini dapat berpengaruh terhadap penurunan motivasi belajar peserta didik.

Keadaan seperti ini menjadi PR terbesar bagi guru. Dalam proses pembelajaran seorang guru selalu melakukan refleksi dan evaluasi. Selama beberapa tahun ini dari hasil evaluasi guru terhadap peserta didik maka motivasi belajar yang mereka miliki semakin menurun. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan