Mohon tunggu...
Agus Puguh Santosa
Agus Puguh Santosa Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Indonesia

Menulis adalah jalan mengenal sesama dan semesta.

Selanjutnya

Tutup

Kurma Pilihan

[Fiksi Ramadan] Sarung 'Demang Lehman'

14 Mei 2020   21:40 Diperbarui: 14 Mei 2020   21:35 706
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Bukan, Nak. Penghargaan yang diberikan Demang Lehman pada leluhur kita itu berupa sarung. Sesuai dengan hikayat yang sudah dikisahkan turun-temurun, sarung itu motifnya berwarna hitam putih dan bergaris-garis, mirip yang kamu pakai sekarang." Tutur Abah menjelaskan.

Lehman mulai mengangguk-angguk tanda mengerti. Setidaknya kini ia mulai paham mengapa dalam beberapa kesempatan Abahnya atau Kainya kerap menyebut sarung dengan motif itu sebagai sarung 'Demang Lehman.' Ternyata ada kisah heroik di zaman Perang Banjar yang melatarbelakanginya.

Di akhir penuturannya, Abah memberi beberapa nasihat kepada Lehman. "Nak, ikam itu harus rajin salat dan puasa. Ikutilah teladan Demang Lehman yang di masa hidupnya dikenal sebagai seorang Muslimin yang teguh menjalankan syariat agama."

"Terus, Bah!?" ucap Lehman lagi.

"Demang Lehman selalu menjalankan salat dan puasa dengan baik. Bahkan menurut kisah yang pernah disampaikan Kai Ali kepada Abah dan Mama, Demang Lehman tetap berpuasa dan rajin salat hingga menjelang hukuman mati. Beliau menjalani hukuman matinya tanggal 19 Ramadan 1280 H sore. Nah, pagi harinya, Demang Lehman masih melakukan sahur sebagai bentuk ketaatan ibadahnya." Kata Abah sambil menepuk-nepuk pundak Lehman.

Hari kian beranjak siang. Seperti biasanya, Lehman pun segera pergi ke halaman belakang untuk membantu Mamanya menjemur tapasan. Sementara itu Abah Lehman pergi ke gang sebelah untuk bertandang ke kediaman Kai Ali.


 

Catatan istilah bahasa Banjar :

- basambang  = ngabuburit 

- es nyiur gula habang = es kelapa muda dengan gula merah

- nyaman banar = enak sekali

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kurma Selengkapnya
Lihat Kurma Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun