Mohon tunggu...
Esdi A
Esdi A Mohon Tunggu... write like nobody will rate you

Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta alayya, wa alaa waalidayya; ... ya Allah, betapa banyak nikmat karunia-Mu dan betapa sedikit hamba mensyukurinya.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Menyoal Data Perolehan Medali Asian Games Versi OCA

4 September 2018   11:02 Diperbarui: 5 September 2018   12:47 818 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menyoal Data Perolehan Medali Asian Games Versi OCA
Medali emas Asian Games 2018 (gilabola.com).

OCA, Olympic Council of Asia, atau Dewan Olimpiade Asia adalah lembaga pengelola penyelenggaraan event-event olahraga antar negara di Asia, beranggotakan 45 NOC, National Olympic Committees.

Pada artikel sebelumnya tentang perolehan medali Indonesia dalam perhelatan Asian Games, penulis sempat ragu menjawab pertanyaan Kompasianer Topik Irawan.

Topik bertanya apakah medali emas kita dalam Asian Games 1962 berjumlah 21 keping ataukah 11?

Pertanyaan itu berlandaskan sumber kompas.com dan data dari OCA. Sementara dalam artikel yang dimaksud, penulis menggunakan data dari Wikipedia versi Bahasa Inggris dan sehelai poster kronologis prestasi Asian Games Indonesia dari Kemenpora.

Ada perbedaan data dalam Wikipedia versi Bahasa dengan Wikipedia English version. Penulis menggunakan versi yang terakhir karena tentunya versi  inilah  yang diakses secara internasional, jika ada kekeliruan tentu lebih cepat diketahui.

Entah kebetulan atau tidak, beberapa jam kemudian OCA merevisi  data perolehan medali emas Indonesia dalam Asian Games 1962. Dengan revisi tersebut, untuk sementara pertanyaan Topik Irawan penulis anggap telah selesai.

Baca: Indonesia Bisa Masuk Tiga Besar Asian Games

Sejenak kemudian terbersit keinginan di hati untuk membandingkan data perolehan medali di situs OCA dengan data pembanding yang lain. Apa betul data tahun 1962 saja yang keliru?

Ternyata memang ada  beberapa selisih yang menarik untuk dikritisi, tetapi penulis tidak melanjutkan dengan artikel baru pada saat itu.

Keinginan untuk membahas beragamnya versi data perolehan medali yang tidak seragam baru saat ini direalisasikan karena penulis melihat di situs OCA kelihatannya belum ada perubahan.

Sebagai bahan perbandingan, penulis menggunakan sumber:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x