Mohon tunggu...
Esdi A
Esdi A Mohon Tunggu... R Java

"Write Like Nobody Will Rate You!"

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Kalahkan Negara Ini, Indonesia Bisa Masuk 3 Besar Asian Games

28 Agustus 2018   03:20 Diperbarui: 28 Agustus 2018   13:21 926 3 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kalahkan Negara Ini, Indonesia Bisa Masuk 3 Besar Asian Games
Hangzhou stadium (nbbj.com).

Perolehan medali Asian Games 2018 sampai  27 Agustus 2018, menempatkan Indonesia di peringkat 4 klasemen sementara. Kita berada di pintu gerbang tiga besar negara terkuat peserta Asia di bidang olahraga, tinggal selangkah lagi untuk masuk ke dalamnya.

Membanggakan sekaligus mendebarkan, apakah kita akan terus bertahan hingga usai ataukah tergeser Iran yang ada persis di belakang. Mendebarkan karena sebelumnya di Incheon 2014, kita harus puas di urutan 17!

Negara ranking 1 sampai 3 di atas, pernah kita kalahkan dalam hal perolehan medali kecuali satu: Jepang. Hanya negara matahari terbit ini yang hingga sekarang belum pernah kita taklukkan. Satu-satunya.

China, negara Asia yang luar biasa di kancah kompetisi olahraga internasional.

Tetapi sehebat-hebatnya China dalam mengoleksi emas, 2 kali kita pernah mengalahkan mereka dalam pesta olahraga negara-negara Asia ini. Dua momen kita mengungguli  "Republic of China" yaitu pada tahun 1966 dan tahun 1970, di Bangkok. Bukan pada tahun 1962 saat kita juara dua karena China absen dalam Asian Games  di Jakarta.

Iran yang ada di peringkat 5  juga bukan negara yang kita kalahkan di Jakarta saat Asian Games era Soekarno berkuasa. Kita pernah satu kali unggul dari negeri para mullah itu pada saat penyelenggaraan Asian Games di New Delhi, tahun 1982.  

Saat itu, Indonesia mendapat ranking 6 dengan modal unggul 3  perunggu, dan Iran tepat di belakang kita menempati ranking 7.

Itulah artinya medali, walaupun cuma 1 perunggu tetapi  nilainya bisa berarti sejarah yang akan dikenang bertahun-tahun kemudian.

Negara di atas kita sekarang yang pernah kita kalahkan pada Asian Games ke 4 di Jakarta cuma Korea Selatan.

Korea Selatan memperoleh peringkat ke 6  dengan membawa pulang 4 emas, 8 perak, dan 11  perunggu. Prestasi terburuk selama mereka mengikuti ajang Asian Games. Sisanya negeri ginseng tidak pernah terdepak dari 3 besar, kecuali ketika Iran dan China menyodok di peringkat kedua dan ketiga di belakang Jepang, tahun 1974.

Jika sekarang belum, apakah Indonesia berpeluang masuk 3 besar Asian Games pada seri ke XIX nanti di Hangzhou?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN