Mohon tunggu...
Agung MSG
Agung MSG Mohon Tunggu... Wiraswasta - Selalu saja ada satu cara yang lebih baik, dan lebih baik lagi dengan berbagi

Hidup untuk mengasihi, menyayangi, berbagi, dan berkarya mulia. @agungmsg #haiedumain

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

100 Etos Kerja Inspiratif untuk Sukses dan Harmoni di Dunia Bisnis

24 Juli 2023   06:03 Diperbarui: 24 Juli 2023   06:28 479
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Etos kerja itu harus dibangun dan dijaga sehingga mereka terinspirasi dengan kuat dan penuh performa | Foto: pexels.com

"Kerja adalah amal. Aku bekerja dengan niat mulia dan berkontribusi untuk kebaikan."

Jansen Sinamo, Guru Etos Indonesia atau yang biasa disebut Mr. Ethos, pernah menyampaikan “8 Etos Kerja” para profesional. Beliau menyampaikan 8 etos kerja ini :

Kerja adalah Rahmat. Aku Bekerja Tulus Penuh Rasa Syukur
Kerja adalah Amanah. Aku Bekerja Benar Penuh Tanggungjawab
Kerja adalah Panggilan. Aku Bekerja Tuntas Penuh Integritas
Kerja adalah Aktualisasi. Aku Bekerja Keras Penuh Semangat
Kerja adalah Ibadah. Aku Bekerja Serius Penuh Kecintaan
Kerja adalah Seni. Aku Bekerja Cerdas Penuh Kreativitas
Kerja adalah Kehormatan. Aku Bekerja Tekun Penuh Keunggulan
Kerja adalah Pelayanan. Aku Bekerja Paripurna Penuh Kerendahanhatian

Sungguh, 8 etos kerja itu hingga kini memberikan inspirasi nyata bagi penulis. Hanya saja, seiring perubahan zaman dan sejumlah pengalaman berbagi di berbagai perusahaan, ternyata setiap jenis pekerjaan, industri dan budaya organisasi yang diterapkan, kadang membutuhkan etos kerja yang unik, berbeda dan sesuai dengan tuntutan nyata kesehariannya.

Etos Kerja dalam Beragam Warna: Menemukan Nilai dan Kegunaan yang Relevan dalam Dunia Pekerjaan

Dengan kata lain, setiap etos kerja memiliki nilai dan kegunaannya sendiri dalam konteks tertentu. Selain itu, kombinasi beberapa etos kerja yang berbeda dapat menjadi lebih relevan dari etos kerja yang lain. Semua itu tergantung pada jenis pekerjaan, industri, dan budaya organisasinya.

Satu per satu etos kerja itu saya kumpulkan, dan ternyata setidaknya ada 100 etos kerja yang berbeda yang bisa kita pakai sesuai jenis pekerjaan yang kita geluti di industri dimana kita bekerja, lengkap dengan budaya kerja yang “dianut” di organisasinya.

1. Kerja adalah adaptabilitas. Aku bekerja fleksibel penuh penyesuaian.
2. Kerja adalah amal. Aku bekerja dengan niat mulia dan berkontribusi untuk kebaikan.
3. Kerja adalah belajar. Aku selalu terbuka untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, beradaptasi dengan perubahan, dan menggunakan setiap peluang untuk tumbuh sebagai individu dan profesional.
4. Kerja adalah berbagi. Aku bekerja gotong royong penuh kolaborasi.
5. Kerja adalah cinta. Aku bekerja dengan hati penuh kasih sayang.
6. Kerja adalah dedikasi. Aku bekerja setia penuh pengabdian.
7. Kerja adalah disiplin. Aku bekerja tepat waktu penuh ketertiban, mengatur waktu dengan bijaksana, mengikuti jadwal yang tepat, dan melatih diri untuk berkomitmen pada konsistensi dan ketelitian.
8. Kerja adalah efisiensi. Aku bekerja produktif penuh efektivitas.
9. Kerja adalah empati. Aku mendengar dengan perhatian, menghargai perasaan orang lain, dan berusaha memahami perspektif mereka untuk menciptakan hubungan yang harmonis.
10. Kerja adalah enerjik. Aku bekerja penuh semangat dan positivitas.
11. Kerja adalah etika. Aku berkomitmen untuk bertindak sesuai dengan nilai-nilai moral dan etika yang tinggi dalam setiap aspek pekerjaanku.
12. Kerja adalah fleksibilitas. Aaku bekerja adaptif penuh keterbukaan terhadap perubahan.
13. Kerja adalah fokus. Aku mengarahkan pikiran dan tenaga dengan tajam, mengejar tujuan dengan tekun, dan melampaui batas diri untuk meraih prestasi yang gemilang.
14. Kerja adalah gairah. Aku menjalani pekerjaan dengan semangat, dedikasi, dan rasa antusiasme yang tulus.
15. Kerja adalah harga diri. Aku bekerja dengan kualitas, keseriusan dan rasa syukur.
16. Kerja adalah harmoni. Aku bekerja selaras penuh keseimbangan.
17. Kerja adalah ikhsan. Aku beribadah kepada allah dengan kondisi seolah-olah aku melihatnya dengan mata. Jika tidak, yakinilah bahwa allah sedang melihatku.
18. Kerja adalah iman. Aku bekerja dengan keyakinan dan rasa syukur.
19. Kerja adalah inklusi. Aku bekerja divers penuh keterbukaan.
20. Kerja adalah inovasi. Aku bekerja berpikir kreatif penuh kemajuan.
21. Kerja adalah inspirasi. Aku bekerja dengan kreativitas dan menghidupkan visi.
22. Kerja adalah integritas. Aku bekerja jujur penuh kehormatan.
23. Kerja adalah investasi. Aku berinvestasi dalam pengembangan diri dan pertumbuhan karir.
24. Kerja adalah keadilan. Aku bekerja dengan kesetaraan dan keterbukaan.
25. Kerja adalah keandalan. Aku menjadi pribadi yang dapat diandalkan, memberikan hasil konsisten, dan selalu terbuka untuk mendukung tim dengan tanggung jawab dan kesetiaan.
26. Kerja adalah kebahagiaan. Aku menemukan kegembiraan dalam setiap tantangan.
27. Kerja adalah kebajikan. Aku berusaha untuk menyebarkan kebaikan, menciptakan lingkungan yang bermartabat, dan berkontribusi positif bagi dunia melalui pekerjaanku.
28. Kerja adalah keberanian. Aku berani menghadapi tantangan, melangkah di luar batas kenyamanan, dan mengambil risiko yang konstruktif untuk mencapai pertumbuhan dan kesuksesan lebih lanjut.
29. Kerja adalah keberlanjutan. Aku bekerja berkelanjutan penuh kelestarian.
30. Kerja adalah kebermaknaan. Aku mencari arti sejati dalam setiap kontribusi dan pengabdianku.
31. Kerja adalah keberuntungan. Aku bekerja konsisten penuh keyakinan.
32. Kerja adalah kecepatan. Aku bekerja cepat dan responsif dalam menghadapi perubahan lingkungan.
33. Kerja adalah kecerdasan emosional. Aku memahami dan mengelola emosi dengan bijaksana, membangun hubungan interpersonal yang sehat, dan menggunakan empati untuk meningkatkan kolaborasi.
34. Kerja adalah keceriaan. Aku bekerja dengan semangat dan senyuman.
35. Kerja adalah kedermawanan. Aku memberi dengan sukacita dan menciptakan dampak positif bagi orang lain dan dunia di sekitarku.
36. Kerja adalah kegembiraan. Aku menikmati setiap tantangan dan berkembang dengan sukacita.
37. Kerja adalah kegigihan. Aku tidak kenal menyerah, menghadapi tantangan dengan keuletan, dan berjuang tanpa henti hingga mencapai hasil yang diinginkan.
38. Kerja adalah kehidupan. Aku bekerja dengan rasa syukur dan keseimbangan.
39. Kerja adalah keikhlasan. Aku bekerja dengan hati dan penuh pengabdian.
40. Kerja adalah kejujuran. Aku bertindak dengan integritas, transparansi, dan tanggung jawab dalam setiap tindakan dan keputusan.
41. Kerja adalah kekuatan. Aku bekerja dengan tekad dan keteguhan.
42. Kerja adalah kemerdekaan. Aku menggapai kemandirian dalam pekerjaanku, mengejar visi pribadi, dan menggunakan kreativitas serta inisiatif untuk meraih kebebasan finansial dan profesional.
43. Kerja adalah kemuliaan. Aku bekerja penuh kesabaran, keridaan dan rasa syukur.
44. Kerja adalah kepahlawanan. Aku bekerja dengan keberanian dan komitmen untuk mencapai tujuan mulia.
45. Kerja adalah kepercayaan. Aku bertindak dengan konsistensi, keandalan, dan menghargai kepercayaan yang diberikan oleh orang lain.
46. Kerja adalah kepositifan. Aku menyebarkan energi positif, melihat peluang di setiap tantangan, dan menjadi sumber inspirasi bagi rekan kerja untuk mencapai keberhasilan bersama.
47. Kerja adalah kerendahhatian. Aku menghargai setiap peluang untuk belajar dan tumbuh, serta menghormati kontribusi dan kecemerlangan orang lain.
48. Kerja adalah keridaan. Aku mengerjakan setiap tugas dengan hati penuh cinta dan dedikasi.
49. Kerja adalah kerinduan. Aku mengejar mimpi dan mewujudkan harapan.
50. Kerja adalah kesabaran. Aku bekerja dengan ketekunan dan sabar untuk mencapai hasil yang memuaskan.
51. Kerja adalah kesantunan. Aku bekerja dengan rasa hormat dan sikap menghargai untuk menciptakan lingkungan kerja yang ramah dan harmonis.
52. Kerja adalah kesehatan. Aku menghargai keseimbangan antara pekerjaan dan kesejahteraan pribadi.
53. Kerja adalah keseimbangan hidup. Aku bekerja menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.
54. Kerja adalah kesejahteraan. Aku menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.
55. Kerja adalah kesetiaan. Aku bekerja dengan setia dan penuh komitmen untuk mencapai visi dan misi diri dan organisasi.
56. Kerja adalah kesuksesan. Aku berkomitmen untuk meraih prestasi dan mencapai tujuan dengan semangat dan ketekunan.
57. Kerja adalah kesungguhan. Aku bekerja dengan komitmen dan ketekunan untuk mencapai prestasi yang luar biasa.
58. Kerja adalah kesyukuran. Aku bekerja dengan penuh rasa syukur dan penghargaan untuk meningkatkan kualitas hidup dan berbagi kebaikan dengan orang lain.
59. Kerja adalah ketahanan. Aku bekerja tangguh penuh daya tahan dalam menghadapi tantangan.
60. Kerja adalah ketangguhan. Aku bekerja dengan ketabahan dan daya tahan.
61. Kerja adalah keteguhan. Aku tidak pernah menyerah, menghadapi rintangan dengan kekuatan mental yang kokoh, dan berkomitmen untuk terus berusaha hingga mencapai hasil yang diimpikan.
62. Kerja adalah keteladanan. Aku berusaha menjadi contoh yang menginspirasi, membimbing dengan bijaksana, dan menggerakkan orang lain menuju kesuksesan dan integritas.
63. Kerja adalah keterlibatan. Aku terlibat penuh, berkomitmen untuk memberikan kontribusi berarti, dan mengambil peran aktif dalam mewujudkan visi dan misi organisasi.
64. Kerja adalah keunggulan. Aku bekerja serius fokus mengembangkan terus menerus.
65. Kerja adalah kewajiban. Aku bekerja dengan komitmen dan profesionalisme.
66. Kerja adalah kewirausahaan. Aku bekerja proaktif penuh semangat wirausaha.
67. Kerja adalah keyakinan. Aku berjuang dengan teguh dan penuh keyakinan, memancarkan semangat tak tergoyahkan menuju keberhasilan.
68. Kerja adalah kolaborasi digital. Aku bekerja bersama secara virtual penuh kemitraan.
69. Kerja adalah kolaborasi. Aku bekerja sinergis penuh kemitraan. Aku bekerja bersama dengan kerendahan hati, mendengar dengan penuh pengertian, dan berkontribusi dengan semangat tim untuk mencapai hasil luar biasa.
70. Kerja adalah komitmen. Aku bekerja konsisten penuh kesetiaan. Aku berjanji untuk mengabdikan diri sepenuhnya, menjalankan tugas dengan penuh kesetiaan, dan menghadirkan dedikasi tak tergoyahkan bagi pekerjaan.
71. Kerja adalah kontribusi. Aku bekerja dengan dedikasi dan tanggung jawab.
72. Kerja adalah kreativitas. Aku menciptakan solusi inovatif, berpikir di luar batas konvensional, dan menghadirkan ide-ide brilian untuk menjawab setiap tantangan.
73. Kerja adalah kualitas. Aku bekerja unggul penuh kepuasan.
74. Kerja adalah martabat. Aku menjunjung tinggi harga diri, menghormati dignitas orang lain, dan memastikan semua tindakanku mencerminkan kebajikan dan kebermaknaan.
75. Kerja adalah pembaharuan diri. Aku selalu mencari kesempatan untuk belajar dan tumbuh, menghadapi perubahan dengan terbuka, dan beradaptasi untuk mencapai kemajuan pribadi dan profesional.
76. Kerja adalah pembelajaran. Aku bekerja terus meningkatkan pengetahuan.
77. Kerja adalah pemberdayaan. Aku mendukung orang lain untuk mencapai potensi maksimal, memberikan ruang bagi pertumbuhan penuh pengembangan, dan menciptakan lingkungan yang mendukung untuk kesuksesan bersama.
78. Kerja adalah pengembangan diri. Aku bekerja terus meningkatkan kompetensi dan keterampilan.
79. Kerja adalah pengembangan organisasi. Aku bekerja membangun penuh pertumbuhan untuk organisasi.
80. Kerja adalah penghargaan. Aku bekerja menghargai penuh pengakuan.
81. Kerja adalah penghidupan. Aku bekerja dengan dedikasi dan menyatu dengan nilai-nilai organisasi.
82. Kerja adalah pertumbuhan. Aku bekerja untuk berkembang dan menginspirasi orang lain.
83. Kerja adalah perubahan. Aku bekerja siap menghadapi dan mengelola perubahan.
84. Kerja adalah petualangan. Aku berani menjelajahi batas-batas dan meraih keajaiban.
85. Kerja adalah presisi. Aku bergerak dengan teliti dan hati-hati, menghargai setiap detail, dan memastikan setiap tindakan menghasilkan kualitas tinggi dan kepuasan maksimal.
86. Kerja adalah prestasi. Aku mengejar keunggulan, mencapai target yang ambisius, dan berusaha untuk terus berkembang untuk meraih prestasi luar biasa.
87. Kerja adalah produktivitas. Aku mengoptimalkan waktu dan sumber daya, menyusun prioritas dengan bijaksana, dan berkomitmen untuk mencapai hasil yang efektif dan bermakna.
88. Kerja adalah profesionalisme. Aku bekerja kompeten penuh etika.
89. Kerja adalah rasa hormat. Aku memperlakukan setiap individu dengan martabat, menghargai perbedaan, dan menciptakan lingkungan inklusif yang mendukung perkembangan bersama.
90. Kerja adalah semangat. Aku bekerja gigih penuh dedikasi.
91. Kerja adalah sinergi. Aku berkolaborasi dengan selaras, menciptakan tim yang solid, dan membangun kekuatan bersama untuk mencapai hasil yang luar biasa.
92. Kerja adalah solusi. Aku bekerja kreatif penuh inovasi.
93. Kerja adalah tanggungjawab. Aku menerima setiap tugas dengan penuh komitmen, bekerja penuh integritas, bertindak dengan akuntabilitas, berkelanjutan penuh kesadaran, dan menjaga kepercayaan yang diberikan.
94. Kerja adalah tantangan. Aku menghadapinya dengan keberanian dan ketekunan.
95. Kerja adalah teknologi. Aku bekerja menguasai dan mengadopsi teknologi secara efektif.
96. Kerja adalah terapi. Aku menemukan ketenangan dan pertumbuhan diri melalui setiap tantangan yang dihadapi.
97. Kerja adalah totalitas. Aku bekerja dengan penuh konsentrasi dan dedikasi, menyelami setiap aspek pekerjaan untuk mencapai keunggulan.
98. Kerja adalah visi. Aku bekerja fokus penuh kepemimpinan.
99. Kerja adalah vitalitas. Aku bekerja dengan energi dan semangat yang menggelora.
100. Kerja adalah warisan. Aku bekerja dengan rasa tanggung jawab dan harga diri untuk mewariskan dedikasi dan keberhasilan pada generasi selanjutnya.

Memilih dan Menetapkan Etos Kerja yang Tepat: Pendekatan Sistematis untuk Kesuksesan Organisasi

Bagaimana cara yang paling efektif untuk memilih dan menetapkan etos kerja yang yang sesuai kebutuhan diri kita dan perusahaan ? Memilih dan menetapkan etos kerja yang berbeda untuk setiap jenis pekerjaan, industri, dan budaya organisasi dapat menjadi tugas yang menantang, namun dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun