Mohon tunggu...
Agung Han
Agung Han Mohon Tunggu... Ordinary People

Kompasianer of The Year 2019 | Nomine Best in Spesific Interest Kompasianival' 19 | Admin Ketapels | IG agunghan_ | agungatv@gmail.com |

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Barengi Tulisanmu dengan Aksi

26 September 2020   06:11 Diperbarui: 26 September 2020   07:00 76 11 1 Mohon Tunggu...

Quote Pram berbunyi "Menulis adalah pekerjaan keabadian", menjadi salah satu motivasi saya dalam menulis.

Apalagi setelah terbukti, selepas penulis Tetralogi Bumi manusia ini berpulang. Karya karyanya difilmkan, dan mendapat apresiasi luar biasa dari khalayak ramai.

Saya bisa menarik kesimpulan, bahwa Quote pria kelahiran Blora itu bukan sekedar quote. Tetapi di balik tulisan tersebut, terdapat pengalaman panjang yang menyertai.

Sehingga tulisan itu seperti ada nyawanya, bisa dirasakan kebenaran oleh orang yang mendengar dan meresapinya.

Siapa tidak tahu, bahwa Pram pernah lama mendekam dibalik jeruji besi.

Dan di tahap berat kehidupannya inilah, produktifitasnya dalam menulis semakin terpacu. Termasuk lahir karya tetralogi yang termahsyur itu.

Coba bayangkan, kalau saja Pram hidup dalam keenakan-keenakan. Sangat mungkin tidak lahir karya besar, sangat mungkin tulisannnya tidak bernyawa.

Ada nama penulis besar lain, turut memperkuat tekad saya untuk menulis. Diantaranya (alm) Sapardi Djoko Darmono, (alm) Umar Kayam, dan masih banyak penulis muda dan produktif lainnya.

Mereka yang telah memberi inspirasi, dan terbukti berkarya dengan hati. Setiap penulis dengan pergulatan hidup masing-masing, tentunya menambah khasanah.

Lalu bagaimana kita ?

Di masa sekarang, jalan menjadi penulis terbentang lebar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x