Mohon tunggu...
Afviya Nabila
Afviya Nabila Mohon Tunggu... freelancer

masih mencari jalannya di balik layar dan papan huruf

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Program Vaksin Covid-19 Terbaru, Apa Itu Vaksin Gotong Royong?

12 Mei 2021   14:55 Diperbarui: 12 Mei 2021   14:59 74 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Program Vaksin Covid-19 Terbaru, Apa Itu Vaksin Gotong Royong?
Ilutrasi salah satu vaksin covid-19 yang akan digunakan pada program vaksin gotong royong (kompas.com/shutterstock/steve heap)

Pemerintah Indonesia telah merencanakan program vaksin Covid-19 sejak akhir tahun lalu dalam rangka menekan angka penyebaran virus Covid-19 yang masih terus berlangsung hingga saat ini. 

Pelaksanaan vaksinasi pertama pun telah berhasil dilakukan oleh pemerintah pada bulan Maret 2021. Vaksinasi ini ditujukan terlebih dahulu kepada tenaga kesehatan, petugas publik, dan para lansia. Adapun jenis vaksin Covid-19 yang digunakan antara lain, vaksin Sinovac yang diproduksi oleh China. 

Program vaksin Covid-19 ini dilakukan dalam 2 tahap injeksi vaksin dengan interval yang awalnya ditetapkan oleh pemerintah selama 14 hari menjadi 28 hari. Tahap injeksi vaksin ini memerlukan interval karena kedua tahap injeksi memiliki fungsi yang berbeda. 

Vaksin Covid-19 tahap pertama ditujukan untuk mengenalkan virus kepada tubuh sehingga sistem imun akan membuat antibodi baru. Sementara, vaksin tahap kedua bertujuan untuk mengoptimalkan efektivitas vaksin didalam tubuh.

Baca juga : Perlukah Cek Antibodi Usai Mendapat Vaksin Covid-19?

Berikut ini terdapat beberapa jenis vaksin Covid-19 lain yang sudah dan akan digunakan dalam program vaksin Covid-19 yang direncanakan oleh pemerintah:

Perlu diketahui setiap jenis vaksin ini memiliki interval yang berbeda sebelum dapat dilanjutkan dengan vaksin tahap kedua.

Setelah berhasil melaksanakan vaksinasi pertama melalui 2 tahap seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemerintah telah bersiap untuk melakukan program vaksin Covid-19 terbaru yang disebut sebagai Vaksin Gotong Royong.

Apa itu Vaksin Gotong Royong?

Vaksin Gotong Royong merupakan program vaksin Covid-19 yang ditujukan untuk para karyawan/ti beserta keluarganya dimana pendanaannya dibebankan kepada perusahaan swasta tempat karyawan/karyawati tersebut bekerja, yang juga telah terdaftar pada KADIN (Kamar Dagang Indonesia), sehingga para karyawan/ti yang menerima vaksin tidak perlu mengerlukan biaya apapun lagi.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari salah satu laman kompas.com diketahui bahwa terdapat lebih dari 17 ribu perusahaan dengan jumlah karyawan sekitar 8,6 juta orang yang telah terdaftar dan tercatat dalam program vaksin gotong royong hingga akhir April 2021.

Dimana dan Kapan Vaksin Gotong Royong akan Dilaksanakan?

Vaksin Gotong Royong akan dilaksanakan pada lokasi yang berbeda dengan program vaksin Covid-19 yang pertama. Program vaksin Covid-19 terbaru ini akan dilaksanakan pada fasilitas pelayanan kesehatan swasta yang terdiri atas klinik milik Bio Farma, BUMN, dan layanan kesehatan milik swasta.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x