Mohon tunggu...
Afifur Romli
Afifur Romli Mohon Tunggu... Noleki Ilmu

sopo gelem soro bakal nemu kepenak e

Selanjutnya

Tutup

Musik

Menangkap Pesan dari Lirik Lagu Viral "Entah Apa yang Merasukimu"

7 Oktober 2019   23:43 Diperbarui: 7 Oktober 2019   23:55 0 3 0 Mohon Tunggu...
Menangkap Pesan dari Lirik Lagu Viral "Entah Apa yang Merasukimu"
sumber : https://chirpstory.com 

Tiga minggu terakhir warga Indonesia sering mendengar lirik lagu " entah apa yang merasukimu" , yah lirik lagu itu viral lewat aplikasi "tik tok", lagu yang bergenre mellow di setting ulang menjadi genre Disco Jockey ( DJ), sehingga lebih enak di dengar dan terasa enjoy. Jika berfikir lebih jauh kita bisa menangkap beberap pesan dari lirik lagu itu.

Pesan pertama, dilihat dari konteks lagu itu sendiri menceritakan tentang seseorang yang dikhianati oleh pasangannya (baca:pacar) yang tidak tau mengapa sebabnya, sehingga terciptalah sebuah lirik " entah apa yang merasukimu". 

Pesan moral pertama yaitu seseorang yang sudah diberi kepercayaan / komitmen janganlah membuat pengkhianatan, karena hal itu bisa menyakiti seseorang yang telah memberi kepercayaan dan menimbulkan rasa kebencian.

Pesan kedua, dilihat dari cover lagu yang dipopulerkan oleh putih abu abu.Menceritakan seseorang yang melalaikan sholat karena asyik memainkan game, hal itu bisa menjadi sebuah pertanyaan entah apa yang merasukimu (merasuki orang yang melalaikan sholat).

Maka jawaban nya sudah pasti syetan lah yang merasuki orang tersebut sehingga lalai dalam melaksanakan sholat. Pesan moral kedua yaitu apabila waktu sholat telah tiba maka laksakanlah sholat dan tinggalkan aktivitas lainnya, karena dalam agama Islam sholat merupakan tiang agama.

Pesan ketiga, dilihat dari pekerjaan seseorang, seseorang yang memiliki suatu permasalahan biasanya berdampak pada pekerjaan / bidang yang digelutinya sehari-hari. Maka muncul sebuah pertanyaan, entah apa yang merasukimu ( merasuki pekerja tersebut), jawabannya bisa sangat kompleks, pasti ada masalah pribadi, keluarga maupun lingkungan. 

Gangguan tersebut bisa dikonsultasikan kepada psikiater jika seseorang tidak bisa menyelesaikan permasalahannya sendiri. Pesan moral yang ketiga yaitu aturlah dirimu sebaik mungkin ( fisik maupun batin) sehingga bisa dalam kondisi optimal setiap harinya, supaya tidak berdampak pada pekerjaan yang digeluti.

Jika dilihat dari sudut pandang siswa, seringkali terdapat beberapa siswa yang datang terlambat ke sekolah, hal ini menjadi sebuah pertanyaan " entah apa yang merasukimu ( merasuki siswa sehingga datang terlambat)".

Maka hal ini sudah masuk ke ranah guru BK, apa yang menyebabkan siswa itu terlambat dan guru BK perlu mengumpulkan data yang lebih sering disebut sebagai assessment.

Kegiatan assessment terhadap siswa ini bisa dengan menanyakan kenapa datang terlambat ke sekolah, setelah tindakan pertama dilakukan, guru BK melakukan diagnose terhadap siswa, hal ini merupakan tindakan lanjutan dari asesement, jika kedua tahapan sudah dilalui maka akan diberi treatment ( perlakuan untuk mengatasi permasalahan) bisa dengan banyak cara dengan disesuaikan terhadap data yang diperoleh. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x